-->

[ADS] Top Ads

Teori Mekkah (Kelebihan dan Kelemahan)

Teori Mekkah

Teori Mekkah

Pedagang Muslim dari Mekkah memegang peranan penting dalam proses penyebaran Islam ke Indonesia. Itulah pendapat yang diungkapkan dalam Teori Mekkah. Pendapat ini, mempunyai kelebihan dan kelemahan yang akan kita bahas pada makalah ini.

Teori Mekkah adalah teori yang menyatakan bahwa Islam Masuk ke Indonesia pada abad ke-7 Masehi, dibawa oleh Pedagang Muslim dari Mekkah atau Arab Mesir. Pencetus teori ini adalah Buya Hamka atau H. Abdul Karim Amrullah. Beliau merupakan seorang Ulama sekaligus Budayawan Indonesia.

Teori Mekkah muncul sebagai sanggahan terhadap Teori Gujarat yang menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui Pedagang Muslim dari Gujarat India. Kelebihan teori Mekkah didasarkan pada bukti-bukti yang telah ditemukan.

Bukti pendukung Teori Mekkah adalah:
  1. Pada abad ke 7 Masehi, di Pantai Timur Sumatera Barat (Pantai Barus) telah ada perkampungan Islam khas dinasti Bani Umayyah.
  2. Madzhab yang populer pada saat itu khususnya di Samudera Pasai adalah Madzhab Syafi'i. Dimana madzhab tersebut juga populer di Arab dan Mesir.
  3. Penggunaan gelar al-Malik pada raja-raja Samudera Pasai yang hanya lazim ditemui pada budaya Islam Mesir.

Pendukung teori Mekkah adalah Van Leur dan TW Arnold. Para Ahli Sejarah yang mendukung teori ini menyatakan bahwa pada abad ke-13 Masehi sudah berdiri kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Oleh sebab itu, pengaruh Islam terjadi jauh sebelum pada abad ke-13.

Kelemahan Teori Mekkah

Meski Teori Mekkah dianggap sebagai teori yang kuat (ada kelebihannya), namun masih terdapat kelemahan yang perlu dibahas lebih dalam lagi oleh para ahli sejarawan. Kelemahan teori Mekkah adalah masih kurangnya bukti pendukung jika dibandingkan dengan teori lain.

Penulis: KhoiruAddien
Sumber:
  • https://medium.com/@poerdiepew/teori-utama-mengenai-masuknya-islam-ke-indonesia-2a8707804e49
  • https://www.mozaikislam.com/156/teori-mekkah.htm
  • https://www.wikuwik.com/2018/09/teori-masuknya-islam-ke-indonesia.html

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah