-->

[ADS] Top Ads

5 Candi Paninggalan Kerajaan Kediri Beserta Gambar dan Penjelasanya

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri Adalah:

1. Candi Penataran

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Penataran atau Candi Palah adalah peninggalan Kerajaan Kediri yang terletak di Blitar, Jawa Timur, Desa Penataran, Kecamatan Nglegok. Bangunan bersejarah berupa candi ini dibangun sekitar tahun 1200 Masehi, masa pemerintahan Raja Srengga dari Kerajaan Kediri.

Candi Penataran merupakan candi termegah dan terluas di Jawa Timur. Candi ini bercorak Hindu Siwais. Pada tahun 1995, telah diajukan ke UNECO (United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization) untuk didaftarkan  sebagai situs sejarah warisan dunia.

Berdasarkan Prasasti Palah yang ada di komplek candi, Arkeolog meyakini bahwa, dahulu candi Penataran diberi nama candi Palah saat digunakan pada masa kerajaan. Arti dari "palah" adalah suci, sehingga pada masa kerajaan, candi ini termasuk bangunan yang suci.

2. Candi Tondowongso

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Tondowongso merupakan situ bersejarah peninggalan kerajaan kediri yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tepatnya di Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah. Bangunan kuno ini ditemukan oleh warga setempat yang hendak membuat batu bata. Mereka tidak sengaja menemukan sejumlah acra di tempat penggalian.

Berdasarkan gaya dan bentuk tatanan arca yang ditemukan, Candi Tondowongso diyakini sebagai bangunan kuno pada masa awal Kerajaan Kediri abad ke XI, yakni masa awal perpindahan pusat politik dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Arca-arca yang ditemukan bercorak hindu.

Candi ini ditemukan pada akhir tahun 2006 atau awal 2007. Terdiri dari satu candi induk yang menghadap ke Barat dan tiga candi pendamping yang menghadap ke candi induk.

3. Candi Gurah

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Candi Gurah ditemukan di Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, sekitar 200 meter dari candi Tondowongso ke arah Selatan. Menurut Arkeolog Yogyakarta, terdapat indikasi bahwa antara Candi Gurah dan Candi Tondowongso merupakan satu komplek percandian yang sangat luas.

Menurut Bapak Soekmono, gaya bangunan candi memiliki ciri khas Kerajaan Kediri, yakni peralihan gaya bangunan Jawa Tengah ke Jawa Timuran.

Tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Kediri ini ditemukan pada tahun 1957. Terdiri dari empat bangunan kuno yaitu berupa candi induk dan tiga candi pendamping. Pada tahun yang sama juga telah ditemukan sejumlah arca. Arca-arca tersebut adalah Brahma, Candra, Surya, Nandi dan Yoni (Ekawati, L. 2008: 37).

4. Candi Mirigambar

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Kediri ini terletak di Tulungagung, Jawa Timur, tepatnya di Dusun Gambar, Desa Mirigambar, kecamatan Sumbergempol. Sekitar 15 kilo meter ke arah Tenggara dari pusat kota Tulungagung. Material dan gaya bangunan yang digunakan pada candi berupa bata merah, sama dengan ciri khas candi Kediri lainnya.

Diperkirakan Candi Mirigambar dibangun pada tahun 1214 sampai 1340. Berdasarkan laporan N.J Krom Candi Mirigambar memiliki sejarah yang panjang yakni dari masa akhir Kerajaan Kediri, Singhasari, hingga masa Kerajaan Majapahit.

Saat ini ada tiga angka tahun yang terdapat di halaman Candi Mirigambar yakni 1122 tahun Saka (1200 M), 1264 Saka (1342 M), 1310 Saka (1388 M). Bila melihat tahun yang tertera, tempat bersejarah ini pertama kali dibangun pada masa Kerajaan Kediri.

5. Candi Tuba

Candi Peninggalan Kerajaan Kediri

Tidak banyak sumber yang menyebutkan tentang Candi Tuban. Pada tahun 1967 telah terjadi tragedi 1965 yang melanda Tulungagung. Tragedi tersebut telah menghancurkan bangunan-bangunan yang dianggap keramat. Saat ini bangunan candi telah luluh-lantah dan terpendam.

Candi peninggalan kerajaan Kediri ini terletak di Dukuh Tuban, Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, Jawa Timur. Sekirat 500 meter dari lokasi Candi Mirigambar.

Tidak banyak candi peninggalan Kerajaan Kediri yang ditemukan dan hanya satu yang benar-benar terawat untuk saat ini. Candi Penataran yang telah menjadi tempat wisata termasuk kawasan candi yang terkuas dan termegah di Jawa Timur. Bahkan sudah didaftarkan sebagai situs warisan dunia ke UNESCO.

Tags: sejarah sejarah indonesia


Penulis: KhoiruAddien
Sumber:
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Penataran
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Tondowongso
  • https://travellersblitar.com/situs-tondowongso-candi-langgam-jawa-tengah-di-kediri/
  • https://travellersblitar.com/candi-mirigambar-tulungagung/
  • http://bumikediri.blogspot.com/2013/01/candi-gurah.html

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah