[ADS] Top Ads

ATMOSFER BUMI - Pengertian, Lapisan, dan Fungsinya

Amosfer Bumi

Pengertian Atmosfer

Apa itu atmosfer? Atmosfer adalah lapisan udara (gas atau uap) yang menyelubungi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan hingga jauh di luar angkasa. Kata atmosfer berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua suku kata, yakni atmos yang berarti udara dan sphaira yang berarti bulatan atau lapisan. Jadi, atmosfer artinya adalah bulatan atau lapisan udara.

Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi adalah lapisan udara atau gas yang menyelimuti bumi hingga pada ketinggian 560 km dari permukaan laut. Ada lima lapis atmosfer yang menyelubungi bumi, yakni lapisan trofosfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Atmosfer bumi tersusun oleh sejumlah unsur gas yang tercantum dalam tabel berikut ini.

Unsur Gas Penyusun Atmosfer
Jenis Gas Volume Persen (%)
Nitrogen (N2) 78,08
Oksigen (O2) 20,95
Argon (Ar) 0,93
Karbondioksida (CO2) 0,035
Neon (Ne) 0,0018
Metana (CH4) 0,00017
Helium (He) 0,0005
Hidrogen (H2) 0,00005
Xenon (Xe) 0,000009
Ozon (O3) 0,000004
Klorofluorokarbon 0,00000002

Unsur gas yang paling banyak dalam komposisi atmosfer adalah jenis gas Nitrogen (N2) yaitu 78,08 persen, sedangkan oksigen (O2) menempati urutan ke dua dengan volume 20,95 %. Selebihnya atau unsur gas lain dengan volume yang sangat kecil.

Meski unsur selain Nitrogen dan Oksigen sangat kecil jumlahnya, semuanya tetap mempunyai peran dan manfaat masing-masing. Contohnya karbon dioksida yang berfungsi untuk fotosintesis tumbuhan dan Ozon untuk mengurangi dampak radiasi sinar Ultra Violet matahari.

Lapisan Afmosfer Bumi

Lapisan atmosfer dari permukaan tanah hingga jauh ke atas (luar angkasa) mencapai 0-560 Km. Atmosfer mempunyai beberapa lapisan udara yang memiliki ketebalan, temperatur dan karakteristik berbeda-beda. Berikut ini 5 lapisan atmosfer yang menyelubungi Bumi.

1. Troposfer


Troposfer merupakan lapisan udara yang paling bawah antara 0-16 Km dari permukaan laut. Di daerah Kutub ketebalanya berkisar 8 Km, di di daerah sedang berkisar 11 Km, dan di daerah  khatulistiwa mempunyai ketebalan sekitar 16 Km. Rata-rata kedalaman lapisan atmosfer adalah 12 Km (Muh. Nurdin, 2008: 129).

Pada lapisan ini peristiwa-peristiwa cuaca dan ikim seperti, perubahan suhu, angin, awan, dan hujan terjadi. Suhu udara di tropis di ketinggian 0 Km di atas permukaan laut sekitar 27 derajat cellcius, sedangkan di bagian atas yang berbatasan dengan tropopause berkisar 62 derajat C.

Dengan demikian, setiap ada kenaikan tinggi tempat makan suhu udara semakin menurun (dingin). Menurut Teori Braak, setiap naik 100 meter maka suhu akan turun 0,61 derajat C.

2. Stratosfer


Statosfer merupakan lapisan kedua, posisinya di atas troposfer. Ketinggian lapisan ini berkisar antara 12-50 km di atas permukaan bumi (Wayan Legan., dkk, 2008: 163). Lapisan stratosfer juga sangat penting bagi makhluk hidup di bumi, karena merupakan lokasi akumulasi gas ozon.

Gas atau unsur ozon berfungsi untuk melindungi permukaan bumi dari sinar ultraviolet secara langsung. Bila sinar ultrviolet langsung mengenai makhluk di bumi (tanpa ada Ozon) maka akan mengganggu kesehatan makhluk bumi.

Pada stratosfer terdapat lapisan isotermal, yaitu pada ketinggian antara 11-20 km dengan suhu udara sekitar 60 derajat C dan lapisan inverse pada ketinggian antara 20-49 km.

3. Mesosfer


Lapisan mesosfer terletak di atas stratosfer dengan ketinggian 50-80 km di atas permukaan bumi. Mesosfer berfungsi untuk memantulkan gelombang radio, yaitu gelombang UHF, VHF, AM, FM, dan SW (Wayan Legan., dkk, 2008: 163).

Pendapat lain menyebutkan bahwa lapisan mesosfer terdapat pada ketinggian antara 49-85 km di atas permukaan bumi (Muh. Nurdin., dkk, 2008: 130). Pada lapisan ini setiap 1000 m naik ke atas, suhu udara akan turun 2,5 hingga 3 derajat C.

4. Termosfer


Termosfer atau Lonosfer adalah lapisan udara yang terletak di atas mesosfer dengan ketinggian lebih dari 80 km. di atas permukaan bumi (Wayan Legan., dkk, 2008: 163). Namun, dalam buku lain menyebutkan bahwa, lapisan ini (termosfer) terletak pada ketinggian antara 85-500 km di atas permukaan bumi.

Lapisan lonosfer atau termosfer sering disebut juga dengan Lapisan Panas (hot layer). Suhu udara bagian bawah berkisar antara -90 derajat C, sedangkan bagian atas mencapai 1010 derajat C. Pada lapisan terdapat lapisan yang disebut ion yang juga berfungsi untuk memantulkan gelombang radio.

5. Eksosfer


Eksosfer merupakan lapisan yang berada di ketinggian antara 500-1000 km di atas permukaan bumi. Lapisan ini adalah lapisan yang paling atas dari lapisan atmosfer lainnya. Gaya gravitasi sangat kecil sehingga benturan-benturan udara jarang terjadi.

Sebagai catatan, bahwa terdapat lapisan atau batas di antara troposfer, stratosfer, mesosfer, dan seterusnya. Lapisan-lapisan itu adalah:
  • Tropopause (lapisan batas antara troposfer dan stratosfer)
  • Stratopause (lapisan batas antara stratosfer dan mesosfer)
  • Mesopause (lapisan batas antara mesosfer dan termosfer)

Untuk lebih jelasnya, tentang urutan lapisan atmosfer lihat pada gambar di bawah ini.

Lapisan Atmosfer


Sifat-Sifat Fisik Atmosfer Bumi

Sifat fisik atmosfer adalah sebagai berikut:
  • Merupakan campuran berbagai gas yang tidak berwarna, tidak bisa dirasakan, tidak berbau dan tidak terlihat oleh mata.
  • Karena merupakan dzat maka atmosfer memiliki berat dan memiliki tekanan udara.
  • Mengembang jika terkena panas dan mengerut ketika dingin.
  • Jika terjadi perbedaan tekanan, maka terjadilah pergerakan udara yang disebut angin yang bergerak dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

Funsi atau Manfaat Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi mempunyai peranan besar terhadap kehidupan makhluk di bumi. Peranan dan manfaat atmosfer bagi kehidupan makhluk di bumi adalah sebagai berikut:
  1. Melindungi bumi dari jatuhnya meteor atau benda angkasa lain.
  2. Menjaga temperatur udara di permukaan bumi agar tetap bermanfaat untuk kehidupan.
  3. Memantulkan gelombang radio.
  4. Melindungi bumi dari radiasi yang berbahaya.
  5. Gas-gas yang ada pada lapisan atmosfer mempunyai manfaat masing-masing, di antaranya;
    • Nitrogen untuk pertumbuhan tanaman.
    • Oksigen untuk pernapasan.
    • Karbondioksida untuk fotosintesis.
    • Neon untuk lampu listrik.
    • Ozon untuk menyerap sebagian radiasi matahari.

Demikian ulasan singkat tentang Atmosfer Bumi dari pengertian, lapisan atmosfer bumi, hingga peran dan manfaatnya. Semoga materi mengenai atmosfer ini dapat menjadi bahan belajar bagi semua.

Penulis: KhoiruAddien
Sumber:
  1. Wayan Legawa., dkk, IPS SMP/MTs Kelas VII, Edisi 4, Jakarta: Pusat Pebukuan DPN, 2008.
  2. Muh. Nurdin., dkk, Mari Belajar IPS 1 Untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta: Pusat Perbukuan, DPN, 2008.

Tags: Geografi

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah