-->

[ADS] Top Ads

Zaman Praaksara Berdasarkan Ilmu Geologi dan Cirinya

Pembagian zaman praaksara menurut ilmu geologi

Manusia hidup di bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Bagaimana kehidupan manusia purba zaman praaksara pada saat itu? dan bagaimana keadaan bumi pada masa praaksara? Apakah sama keadaan bumi yang sekarang dengan bumi di masa praaksara? Tentu tema pada kali ini sangat menarik untuk dibahas.

Perlu diketahui bahwa zaman praaksara dapat diartikan sebagai masa di mana manusia belum mengenal dan menggunakan tulisan. Keadaan bumi pada masa itu telah diperkirakan oleh para ahli sejarawan. Dan ilmu yang membahas tentang keadaan bumi pada masa lampau disebut dengan ilmu geologi.


Pembabakan Zaman Praaksara Berdasarkan Geologi


Ilmu geologi adalah ilmu yang membahas tantang keadaan bumi yang telah lampau. Melalui ilmu tersebut, kita dapat memperkirakan bagaimana keadaan dan kehidupan manusia purba pada zaman praaksara. Bahkan sebelum manusia ada di muka bumi, proses pembentukan permukaan bumi sedang berlangsung. Baru setelah manusia dapat beradaptasi dengan kondisi bumi, muncullah manusia praaksara.

Pembagian zaman praaksara menurut ilmu geologi dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu;

1. Arkaeozoikum

Zaman praaksara arkaeozoikum atau disebut pula dengan zaman arkaekum, merupakan masa tertua dalam sejarah perkembangan bumi. Diperkirakan masa ini berlangsung 2.500 juta tahun yang lalu.

Keadaan bumi pada masa arkaikum belum stabil, kulit bumi masih dalam proses pembentukan, dan suhu udara masih sangat panas, sehingga belum ada tanda-tanda kehidupan.

2. Palaeozoikum

Merupakan masa yang berlangsung pada 340 juta tahun yang lalu. Zaman palaeozoikum disebut pula dengan zaman primer, yaitu zaman pertama kali bumi terdapat tanda-tanda kehidupan. Makhluk hidup yang pertama kali tinggal di bumi adalah sejenis amfibi, reptil dan makhluk bersel satu seperti bakteri.

3. Mesozoikum

Yaitu zaman yang berlangsung sejak 140 juta tahun yang lalu. Nama lain dari mesozoikum adalah zaman sekunder, karena pada masa ini kehidupan berkembang dengan sangat cepat. Ikan, amfibi, dan hewan jenis reptil berkembang dan jumlahnya semakin banyak.

Hewan berjenis reptil seperti dinosaurus dan Atlantosaurus tumbuh dengan panjang mencapai 30 meter. Fosil reptil raksasa ini telah ditemukan hampir di seluruh dunia. Fosil Dinosaurus panjanganya mencapai 12 meter dan atlantosaurus mencapai 30 meter.

Pada zaman ini hewan jenis burung dan binatang menyusui sudah ada, akan tetapi masih rendah tingkatannya.

4. Noezoikum

Disebut juga dengan zaman kaenozoikum, merupakan masa yang diperkirakan berusia sejak 60 juta tahun yang lalu. Pada masa ini bumi sudah lebih stabil dibandingkan masa-masa sebelumnya. Kehidupan makhluk hidup makin berkembang dan beraneka ragam.

Zaman neozoikum dibagi menjadi dua jenis yaitu,

Zaman Tersier

Pada masa ini hewan jenis kera sudah ditemukan, reptil raksasa semakin berkurang dan akan punah, dan binatang menyusui berkembang dengan baik.

Zaman Kuarter

Berlangsung sejak 600 ribu tahun yang lalu dan tanda-tanda kehidupan manusia telah ditemkan.Masa ini dibagi menjadi dua, yaitu;
  • Plestosen, pada masa ini terjadi perubahan suhu, yaitu dari panas menjadi dingin sehingga manusia dapat beradaptasi. Banyak air yang berubah menjadi es, terutama di Kutub Utara dan beberapa daratan yang berada di sekitarnya. Daratan yang berjauhan dengan Kutub Utara mengalami musim hujan yang sangat lebat.
  • Holosen, zaman yang dimulai sejak 20.000 tahun yang lalu. Manusia purba jenis homo sapiens sudah mulai muncul.
Pembagian zaman praaksara berdasarkan ilmu geologi juga termasuk contoh periodisasi dalam sejarah. Periodisasi yaitu pembagian zaman berdasarkan urutan waktu kejadian suatu peristiwa. Nah, pembagian zaman pada pembahasan ini merupakan periodisasi masa praaksara berdasarkan keadaan geologi.

Ada juga pembagian zaman prasejarah berdasarkan arkeologi, yaitu pembagian zaman berdasarkan peralatan yang digunakan pada masa itu. Pada masa prasejarah atau praaksara, peralatan yang digunakan berbahan batu dan logam.

Ciri-Ciri Zaman Praaksara Menurut Geologi

Secara garis besar zaman praaksara berdasarkan ilmu geologi dibagi menjadi 4 babak. Lalu, apa ciri-ciri 4 babak zaman praaksara tersebut? Mari kita ulas bersama-sama dari zaman arkaekum hingga zaman neozoikum.

1. Ciri Ciri Zaman Arkaekum

Apa ciri-ciri zaman arkaekum? Zaman arkaekum memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
  • Belum ada tanda-tanda kehidupan
  • Suhu udara di bumi masih sangat panas
  • Berlangsung sejak 2.500 tahun yang lalu
  • Kondisi kulit bumi sangat belum stabil

2. Ciri Ciri Zaman Paleozoiku

Berdasarkan penjelasan di atas, ciri-ciri zaman paleozoikum adalah.
  • Keadaan bumi masih belum stabil
  • Mulai ada tanda-tanda kehidupan berupa hewan bersel satu, jenis ikan, rerumputan, dan hewan amfibi
  • Berlangsung sejak 340 juta tahun yang lalu
  • Keadaan iklim masih sangat ekstrim

3. Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

Berikut adalah ciri-ciri kehidupan zaman mesozoikum
  • Berlangsung sekitar 140 juta tahun yang lalu
  • Hewan jenis reptil seperti dinosaurus dan atlantosaurus mengalami perkembangan yang pesat
  • Suhu udara di bumi sudah mulai menurun
  • Hewan menyusui sudah mulai ada

4. Ciri Ciri Zaman Neozoikum

Masa neozoikum merupakan zaman perkembangan makhluk hidup, namun ada beberapa jenis hewan yang mulai punah. Zaman neozoikum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut
  • Berlangsung sekitar 60 juta tahun yang lalu
  • Munculnya manusia purba jenis homo sapiens
  • Perkembangan hewan jenis mamalia sangat pesat
  • Hewan reptil raksasa seperti dinosaurus mulai punah
  • Iklim bumi stabil

Tidak ada gading yang tak retak. Tulisan ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu jangan puas dengan pembahasan yang ada di sini saja. Carilah informasi sebanyak mungkin agar memperoleh pengetahuan yang lebih baik.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah