-->

[ADS] Top Ads

Tujuan Kronologi Dalam Ilmu Sejarah

Tujuan kronologi sejarah - Kronologi merupakan urutan kejadian-kejadian penting dalam suatu peristiwa. Contohnya peristiwa kebakaran hutan di kecamatan Tanggul Angin yang menyebabkan asap tebal di beberapa desa. Dari peristiwa tersebut dapat di urutkan kejadian-kejadian penting di dalamnya.

Misalnya dari sebab kebakaran hingga hutan sampai menjadi terbakar. Pada hari rabu seorang penebang pohon liar memasuki hutan, karena malam telah tiba, ia menyalakan api unggun sebagai penerang. Tidak lama setelah itu, tiba-tiba api unggun merambat pada daun kering di sekitarnya, hingga hutan menjadi terbakar dan asap menyebar di beberapa desa.

Tujuan Kronologi Sejarah

Cerita di atas merupakan kronologi atau urutan suatu peristiwa kebakaran hutan yang menyebabkan asap tebal. Dari awal cerita hingga munculnya asap, terdapat kejadian-kejadian penting yang menyebabkan kebakaran hutan.

Tujuan Kronologi dalam Sejarah

Peristiwa sejarah yang telah berlangsung sangat penting untuk diurutkan berdasarkan waktu terjadinya untuk menghindari perubahan makna sejarah. Coba pikirkan!, ketika kronologis sejarah dirubah urutannya. Apakah orang yang membaca sejarah tersebut akan memahami makna dari suatu sejarah?

Maka dari itu, kronologi sejarah dibuat bukan hanya untuk mengurutkan kejadian, akan tetapi memiliki tujuan yang sangat penting. Dalam ilmu pengetahuan, akan memudahkan siswa dalam mempelajari sejarah karena sudah sistematis dan terarah.

5 tujuan penting kronologi sejarah

Melakukan Penyederhanaan

Sejarah yang diurutkan berdasarkan waktu kejadian-kejadian penting di dalamnya akan membuat sejarah menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami. Andaikan penulisan peristiwa suatu sejarah dibuat ruwet dan tidak sederhana, maka akan sulit dipahami. Oleh sebab itu, adanya kronologi sejarah bertujuan untuk menyederhanakan peristiwa sejarah.

Memudahkan dalam Memahami Sejarah

Memahami sejarah yang sudah dirangkai secara teratur, berurutan, dan sistematis akan mudah untuk dipahami. Alur cerita sejarah yang di urutkan jalan ceritanya menjadi terarah dan jelas, sehingga kita mudah untuk memahaminya dengan cermat, tidak bertele-tela dan tepat sasaran.

Memudahkan Klasifikasi dalam Ilmu Sejarah

Penyusunan kronologi yang sudah sesuai dengan urutan waktu sejarah membuat kisah masa lampau dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi. Pembagian dalam peristiwa sejarah biasanya berdasarkan kebudayaan yang telah berlangsung, seperti pembagian zaman praaksara dibagi menjadi 3 kelompok yaitu dari masa berburu, bercocok tanam, hingga perundagian.

Menghasilkan Seni dalam Penulisan Sejarah

Seni bukan hanya terdapat pada ukiran, pahatan, atau lukisan. Lebih dari itu, seni juga digunakan dalam dunia tulis-menulis. Begitu pula dengan menulis sejarah, memerlukan seni agar penulisannya menjadi lebih bermakna dan menarik untuk dibaca.

Memenuhi Syarat Sebagai Karya Ilmiah

Menulis sejarah harus menggunakan metode penelitian sejarah agar sistematis dan berurutan. Agar penelitian sejarah dapat memenuhi syarat sebagai karya ilmiah, maka kronologi sangat diperlukan agar tujuan penelitian menjadi terarah.

Penyusunan kronologi sejarah bukan hanya agar waktu kejadian suatu peristiwa menjadi berurutan, akan tetapi para ahli sejarah menyusun sejarah berdasarkan waktu kejadian memiliki tujuan penting. Jika sejarah ditulis secara kronologis, maka akan terdapat nilai seni dalam karya tersebut. Terutama untuk pelajar yang sedang mempelajari sejarah akan menjadi mudah memahaminya.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah