-->

[ADS] Top Ads

8 Manfaat Sejarah Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Sejarah

Manfaat Belajar Sejarah

Apa manfaat sejarah? Manfaat sejarah adalah nilai positif yang akan didapatkan ketika mempelajari sejarah. Artinya, belajar sejarah tidak serta-merta tidak ada gunanya, malah sangat besar sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Terkadang manusia merasa buat apa belajar sejarah, lebih baik memikirkan masa depan yang akan kita hadapi. Ungkapan itu sekilas ada benarnya, namun apakah kamu sadar, bahwa kesalahan dan keberhasilan yang kamu alami di masa lampau juga merupakan bagian dari sejarah.

Dengan mempelajari kesalahan yang kita perbuat di masa lalu, kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Istilah dalam pribahasa "tidak jatuh pada lubang yang sama".

Belajar sejarah juga sangat bermanfaat bagi masyarakat ketika mempelajari sejarah keberhasilan orang lain. Keberhasilan tersebut kita pelajari, kita contoh, dan kita ikuti agar memperoleh keberhasilan pula. Bagaimana proses dalam memperoleh keberhasilan kita tiru dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum manfaat sejarah ada dua yaitu, manfaat ekstrinsik dan manfaat intrinsik.

Manfaat Sejarah Ekstrinsik

1. Sebagai Edukatif/Pembelajaran
Salah satu kegunaan sejarah adalah sebagai sarana edukatif atau media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Tujuannya adalah untuk mengetahui peristiwa masa lampau. Di kehidupan masa lalu, banyak sekali peristiwa-peristiwa yang dapat kita ambil hikmahnya. Contohnya, perjuangan seorang tokoh dalam mencapai sesuatu.

Seorang tokoh masyarakat mempunyai rekam jejak yang luar biasa. Ia telah mengalami berbagai peristiwa dalam proses pencapaian. Misalnya seorang pengusaha yang berhasil dalam mencapai kesuksesan.

Pengusaha sukses tentu telah melakukan berbagai hal untuk mencapai keberhasilan. Nah, dalam proses untuk mencapai keberhasilan, kita dapat pelajari dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kita bisa sukses seperti mereka.

Edukatif artinya pembelajaran, oleh sebab itu, pelajaran sejarah selalu ada di setiap lembaga pendidikan sebagai salah satu mata pelajaran.

2. Sebagai Instruktif
Instruktif diambil dari kata instruksi yang artinya arahan, yaitu sejarah bermanfaat sebagai petunjuk dalam melakukan sesuatu. Dalam pendidikan teori dibuat berdasarkan pengalaman seseorang atau kelompok, dan pengalaman seseorang yang sudah berlalu merupakan bagian dari sejarah.

Misalnya, seorang Insinyur Pertanian telah mengalami keberhasilan dalam menanam sayuran. Karena ingin berbagi pengalamannya, ia mencatat cara-cara menanam sayur dengan baik dan benar. Catatan tersebut kemudian menjadi sebuah teori yang di gunakan petani lain sebagai panduan dalam menanam sayuran.

Ini merupakan salah satu contoh sejarah sebagai instruktif (arahan). Masih banyak manfaat sejarah sebagai instruktif lain yang dapat memberikan arahan dalam melakukan sesuatu.

3. Sebagai Sumber Inspirasi
Manfaat belajar sejarah yang berikutnya adalah inspiratif, yaitu dapat memberikan inspirasi kepada kita yang hidup pada saat ini. Memang untuk mendapat inspirasi bisa didapat dari mana saja, akan tetapi banyak orang pada masa kini yang terinspirasi dari sejarah. Misalnya terinspirasi dari seorang tokoh yang sangat luar biasa.

Dalam Agama Islam tokoh yang paling menginspirasi adalah Nabi Muhammad SAW, para sahabat, dan lain-lain. Belajar dari sejarah para tokoh dalam Islam secara umum akan membuat orang Muslim bisa terispirasi. Makanya itu, sejarah dapat dijadikan sumber inspirasi.

4. Sebagai Sarana Rekreasi
Rekreasi artinya mengerjakan sesuatu agar kita merasa senang. Begitu pula ketika mempelajari sejarah kita bisa memperoleh kesenangan. Membaca kisah-kisah masa lalu membuat kita seolah-olah bisa merasa berpetualang melewati ruang dan waktu.

Mempelajari sejarah dengan berkunjung di tempat-tempat bersejarah seperti Museum dan Candi juga dapat memberikan kesenangan kepada kita. Apalagi jika menjadi seorang Peneliti Sejarah, maka bisa berkeliling dunia untuk meneliti tempat-tempat bersejarah di seluruh dunia.

Manfaat Sejarah Secara Intrinsik

5. Sejarah Sebagai Ilmu pengetahuan
Manfaat sejarah yang selanjutnya adalah sejarah dapat dijadikan sebagai ilmu pengetahuan. Banyak sekali pengetahuan yang akan kita dapatkan ketika mempelajari sejarah.

Pengetahuan dalam ilmu sejarah bukan hanya sebatas perjuangan para pahlawan. Namun lebih dari itu, sejarah juga mempelajari peradaban dunia dan budaya manusia yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Ilmu Pengetahuan terkait erat dengan penelitian. Penelitian yang dilakukan untuk mengungkap fakta sejarah juga melalui proses yang begitu kompleks sehingga pengetahuan-pengetahuan tersebut ditulis secara sistematis.

Yang paling penting dalam manfaat sejarah adalah kita bisa mengetahui asal-usul kita sendiri. Siapa nenek moyang kita bisa diketahui melalui sejarah keluarga.

6. Sejarah Sebagai Profesi
Sejarah yang mencakup berbagai hal di dalamnya memerlukan pihak-pihak yang terkait, seperti Para Sejarawan, Peneliti di bidang Arkeologi, Geologi, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sejarah bisa memberikan peluang pekerjaan kepada orang yang Ahli di bidangnya.

Bisa Anda bayangkan ketika pertama kali Candi Borobudur ditemukan? Pasti memerlukan banyak pihak untuk meneliti sebuah bangunan kuno yang amat besar. Pada akhirnya banyak Sejarawan yang ikut andil dalam meneliti bangunan bersejarah tersebut.

Bukan hanya itu, di Candi Borobudur juga ada orang yang berprofesi sebagai pemandu. Seseorang yang memandu wisatawan juga harus bisa menceritakan sejarah candi tersebut. Apalagi jika yang berwisata adalah turis asing.

7. Sejarah Sebagai Pernyataan Pendapat
Terkadang seseorang mengungkapkan suatu pendapat berdasarkan fakta sejarah. Contohnya "saya berpendapat bahwa Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan yang gagah berani."

Mengapa saya memiliki pendapat seperti itu? Saya bisa berpendapat seperti itu karena sejarah yang telah menceritakannya. Apabila saya tidak pernah membaca sejarah tentang Pangeran Diponegoro, maka saya tidak akan bisa berpendapat mengenai salah satu pahlawan tersenut.

8. Sebagai Cara Untuk Mengetahui Masa Lampau
Bagaimana cara untuk mengetahui peristiwa masa lampau? Tentu cara yang paling tepat untuk mengetahui masa lampau adalah dengan mempelajari sejarah. Dengan begitu, sejarah mempunyai manfaat sebagai cara untuk mengetahui kejadian-kejadian masa silam.

Manfaat Sejarah Menurut Para Ahli

Para Pakar Ahli Sejarah juga memberikan pendapat tentang manfaat sejarah. Berikut manfaat sejarah menurut para ahli sejarah.

Fungsi manfaat sejarah menurut C.P Hills
  1. Dapat memberikan kepuasan terhadap kita yang ingin mengetahui kisah seseorang. Seperti para pahlawan yang telah membangkitkan rasa nasionalisme atau seorang tokoh yang dapat membuat kita menjadi terinspirasi.
  2. Sejarah dapat memberikan manfaat terhadap kita dengan memberikan warisan budaya kepada kita. Seperti seni tari, pakaian adat dan rumah-rumah adat.
  3. Sejarah mempunyai manfaat untuk membangun rasa cinta tanah air, tanah air Indonesia. Atau bisa disebut juga dengan rasa nasionalisme.

Manfaat sejarah menurut Herodotus
Herodotus memberikan pendapat bahwa, sejarah memiliki manfaat untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunya seorang tokoh, masyarakat dan peradaban.

Menurut Nugroho Notosusanto
  1. Sejarah bermanfaat untuk memberikan pembelajaran kepada kita tentang keberhasilan atau kesuksesan pada masa lampau (edukatif).
  2. Sejarah bermanfaat untuk memberikan gagasan, inspirasi atau ide yang berguna untuk kemajuan di masa sekarang (inspiratif).
  3. Sejarah bermanfaat untuk memberikah arahan kepada kita melalui pesan-pesan yang terkandung di dalam peristiwa sejarah (intruktif).
  4. Sejarah dapat memberikan manfaat berupa kesenangan (rekreatif).

Menurut Kartodirdjo
  1. Bermanfaat untuk membangkitkan perhatian terhadap suatu komunitas. Ini hampir sama dengan membangkitkan rasa nasionalisme, akan tetapi komunitas ini lingkupnya lebih kecil dari nasionalisme.
  2. Bermanfaat untuk memberikan inspirasi atau gagasan yang dapat digunakan untuk menuju kehidupan yang lebih baik.
  3. Untuk melatih kebiasaan berfikir kontekstual.
  4. Bermanfaat sebagai benteng agar tidak mudah terjebak oleh opini.
  5. Membangkitkan rasa hormat dan memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

Itulah beberapa pengetahuan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan kita dapat mengambil manfaat dari mempelajari sejarah.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah