-->

[ADS] Top Ads

Penjelasan Ciri Ciri Negara Maju dan Berkembang

Di dunia ini ternyata terdapat istilah "negara maju" dan "negara berkembang". Kedua istilah tersebut merupakan pengelompokan untuk seluruh negara-negara di muka bumi ini. Sebenarnya terdapat satu istilah lagi untuk mengelompokkan negara-negara di bumi ini, yaitu negara tertinggal. Namun istilah ini sudah tidak ada negara yang menyandangnya.

Indikator negara maju dan berkembang merupakan tolak ukur untuk menggolongkan sebuah negara. Apakah suatu negara termasuk negara maju atau negara berkembang, tergantung pada indikator atau tolak ukur yang sudah ditetapkan. Dengan demikian, negara maju dan negara berkembang memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari indikator tersebut.

Negara maju dan berkembang juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Ciri-ciri tersebut akan dibahas pada kesempatan kali ini. Negara maju adalah negara yang penduduknya memiliki kesejahteraan atau kualitas hidup yang tinggi. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang penduduknya memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah atau kualitas hidupnya masih dalam taraf berkembang.
Ciri Ciri Negara Maju dan Berkembang

Ciri-Ciri Negara Maju dan Berkembang


Negara maju mempunyai ciri-ciri khusus, begitu pula dengan negara berkembang. Untuk lebih dalam mempelajari negara maju dan berkembang, berikut ini adalah ciri-ciri negara maju dan negara berkembang.

Ciri-Ciri Negara Maju


1. Tingginya Pendapatan Per Kapita


Pendapatan per kapita adalah besarnya pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara dalam satu tahun. Pendapatan per kapita didapatkan dari hasil pembagian pendapatan nasional negara dengan jumlah penduduk. Negara maju memiliki ciri-ciri pendapatan per kapita negara tinggi. Hal ini menjadi tolak ukur suatu negara. Jika pendapatan per kapita tinggi maka negara tersebut tergolong negara yang maju. Bank Dunia menyebutkan bahwa, negara maju harus memiliki kriteria pendapatan per kapita di atas 10,76 US Dolar per tahun.

Pendapatan per kapita negara maju timggi
Tabel 1a. Pendapatan Per Kapita Negara Maju dan Berkembang
Pertumbuhan ekonomi di negara maju pada umumnya sangat pesat. Oleh karena itu, pendapatan per kapita penduduknya juga sangat tinggi. Sebaliknya, di negara berkembang pendapatan per kapita penduduk rendah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel 1a di atas.

2. Rendahnya Angka Pengangguran

rendahnya jumlah pengangguran
Tabel 2a. Tingkat Pengangguran Negara Maju

Di negara maju, terdapat lapangan pekerjaan yang sangat beragam dan bervariasi. Lapangan pekerjaan yang banyak akan mengurangi pengangguran penduduk di suatu negara. Di negara mana pun itu, ketika lapangan pekerjaan tersedia dengan jumlah yang banyak, bervariasi dan beragam, maka negara tersebut akan memiliki angka pengangguran yang rendah dan itu hanya ditemukan di negara maju. Oleh sebab itu, salah satu ciri negara maju adalah penduduknya sedikit yang tidak memiliki pekerjaan.

3. Rendahnya Pertumbuhan Jumlah Penduduk


Ciri-ciri negara maju yang selanjutnya adalah rendahnya pertumbuhan penduduk. Negara maju mengalami penurunan jumlah penduduk, walaupun terdapat peningkatan pada jumlah pertumbuhan penduduk maka masih relatif rendah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhinya, seperti, tidak ingin mempunyai anak yang lebih dari dua (dua anak cukup) atau satu anak saja sudah cukup. Sehingga angka kelahiran pada negara maju tergolong rendah bahkan malah menurun. Untuk lebih jelasnya lihat tabel berikut (Tabel 3a)
pertumbuhan penduduk negara maju
Tabel 3a. Pertumbuhan Penduduk Stabil
Tabel di atas menujukan pertumbuhan penduduk di negara maju yang stabil. Garis hitam menujukan pertumbuhan penduduk pada jenis kelamin laki-laki dan yang putih untuk jenis kelamin wanita. Angka yang di sebelah kiri menunjukan usia dan angka di bawah menerangkan jumlah penduduk pada usia tertentu.

4. Rendahnya Angka Kelahiran


Selain memiliki ciri ciri pertumbuhan penduduk yang relatif rendah, negara maju juga mempunyai ciri ciri angka kelahiran yang rendah, bahkan di beberapa negara maju mendekati tahap kritis dengan tingkat kelahiran yang mendekati nol. Angka kelahiran ditentukan berdasarkan banyak kelahiran bayi yang hidup setiap seribu penduduk dalam satu tahun. Hal ini disebabkan oleh faktor para pemuda yang lebih tertarik untuk mengejar karir dari pada menikah.

5. Tingginya Tingkat Pendidikan


Pendidikan merupakan satu-satunya cara untuk mencerdaskan anak bangsa. Tanpa pendidikan, niscaya manusia akan bodoh dan tidak mengerti apa-apa. Dengan adanya tingkat pendidikan yang tinggi di suatu negara, maka penduduk negara tersebut menjadi cerdas dan dapat mengetahui banyak hal. Di negara maju, tingkat pendidikan tergolong tinggi, sehingga penduduknya mampu berkreasi dan berinovasi. Mampu menciptakan teknologi yang canggih serta tidak buta akan teknologi. Oleh sebab itu, ciri-ciri negara maju adalah tingginya tingkat pendidikan.

Faktor yang memberikan pengaruh terhadap tingkat pendidikan adalah fasilitas yang tersedia, serta tingkat ekonomi penduduk. Negara maju yang pendapatan per kapita tinggi dan fasilitas pendidikan yang lengkap membuat tingkat pendidikan penduduk suatu negara menjadi tinggi. Pemikiran mereka juga lebih luas dabandingkan dengan orang yang masih rendah pendidikanya.

6. Penggunaan Teknologi Yang Tinggi


Karena mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi, maka di negara maju mampu menggunakan teknologi yang canggih sekalipun.Bukan hanya di bidang industri dan kehidupan sehari-hari, di negara maju pada bidang pertanian juga menggunakan teknologi yang canggih. Coba lihat video-video yang ada di youtube tentang pertanian di negara maju, maka akan menemukan teknologi pertanian yang sangat canggih.

Selain itu, orang-orang yang berada di negara maju sangat sedikit yang tidak paham tentang teknologi. Berbeda dengan negara yang masih berkembang, masih banyak penduduknya yang belum tahu cara menggunakan teknologi, contohnya smartpnone. Di negara maju dari orang tua sampai anak-anak sudah mampu menjalankan teknologi termasuk smartphone yang sudah canggih sekalipun.

Berikut data penggunaan teknologi yang ada di negara maju

7. Tingginya Tingkat Harapan Hidup


Fasilitas kesehatan yang memadahi dan tingkat pendapatan yang tinggi membuat penduduk negara maju mempunyai harapan hidup yang tinggi. Karena negara maju menyediakan fasilitas kesehatan yang baik, seperti rumah sakit dengan alat yang lengkap dan canggih serta dokter yang berpendidikan tinggi, maka tingkat harapan hidup penduduk negara maju akan tinggi.

Bukan hanya itu, pendapatan yang tinggi membuat penduduk negara maju mampu membeli makanan yang lebih bergizi. Oleh sebab itu, di negara maju sangat jarang sekali penduduknya mengalami kejadian kekurangan gizi. Faktor itulah yang menyebabkan tingginya tingkat harapan hidup di negara maju.

Ciri Ciri Negara Berkembang


Negara yang maju memiliki ciri ciri, begitu pula dengan negara berkembang. Berikut ini adalah ciri-ciri negara berkembang.

1. Tingkat Pendapatan Per Kapita Rendah


Negara berkembang memiliki ciri-ciri sebaliknya dengan negara maju. Jika negara  maju mempunyai ciri pendapatan per kapita tinggi, maka ciri-ciri negara berkembang adalah rendahnya tingkat pendapatan per kapita. Seperti Tabel 1a yang telah menunjukan bahwa pendapatan per kapita negara berkembang jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara maju.

Negara maju pendapatan per kapita mencapai 39.213 hingga 44.190 Dolar Amerika, sedangkan negara berkembang berkisar antara 723 hingga 5.718 Dolar Amerika per tahun. Dari situ dapat Anda bedakan antara ciri ciri negara maju dan berkembang.

2. Tingginya Angka Pengangguran


Lapangan pekerjaan di negara berkembang tidak sebanyak yang ada di negara maju, oleh sebab itu, negara berkembang memiliki penduduk yang masih banyak menganggur atau tidak mempunyai pekerjaan. Salah satu faktor yang menyebabkan lapangan pekerjaan masih kurang adalah sedikitnya penduduk suatu negara yang menjadi pengusaha, seperti di Indonesia.

Pengusaha yang sukses akan memberikan lapangan pekerjaan terhadap masyarakat. Ia merekrut karyawan untuk membantu pekerjaannya, dan memberi upah sesuai dengan aturan yang berlaku. Itulah mengapa di negara berkembang masih sedikit lapangan pekerjaan yang tersedia, sehingga negara berkembang ciri cirinya adalah tingginya tingkat pengangguran.

3. Tingginya Tingkat Pertumbuhan Penduduk


Negara yang sudah maju, akan memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah, karena berbagai faktor. Misalnya, karena saking bersemangat mengejar karier, sampai-sampai kurang berminat untuk menikah ketika sudah waktunya atau saat sudah menikah, hanya menginginkan anak yang berjumlah satu sampai dua saja.

Berbeda dengan negara berkembang yang memiliki tingkat pertumbuhan penduduk tinggi. Mereka, penduduk negara berkembang sering mengadakan pernikahan dan memiliki banyak anak. Karena, penduduk di negara yang masih berkembang tidak begitu tertarik dengan sebuah karier dan mempercayai bahwa, banyak anak banyak rejeki.

4. Rendahnya Tingkat Pendidikan


Tingkat fasilitas pendidikan di negara berkembang masih kurang memadahi dan bagi penduduknya, biaya pendidikan masih terasa mahal. Itulah mengapa salah satu ciri-ciri negara berkembang adalah banyak di antara penduduk negara berkembang yang memiliki pendidikan rendah.

Di Indonesia sendiri, masyarakatnya sudah mulai memiliki pola fikir yang lebih maju dari pada masyarakat sebelumnya. Penduduk Indonesia sudah beranggapan bahwa pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting, sehingga sudah banyak lulusan sarjana, sekarang lulusan S2 sudah mulai banyak, selanjutnya lulusan S3 sudah banyak namun masih jarang.

5. Penggunaan Teknologi Yang Masih Rendah


Teknologi yang canggih dan modern untuk saat ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan suatu pekerjaan. Dahulu Hand Phone masih terasa asing dan tidak bisa menggunakannya, namun sekarang HP sudah banyak yang memiliki. Memang, di Indonesia sudah banyak masyarakat yang menggunakan teknologi canggih seperti Smart Phone, namun masih sebatas teknologi-teknologi tertentu saja.

Coba bandingkan dengan negara yang sudah maju. Di negara maju seperti Amerika Serikat, teknologinya lebih canggih dan masyarakatnya juga lebih banyak yang menggunakan teknologi dibanding negara berkembang. Contohnya dalam bidang pertanian, para petani sudah menggunakan berbagai macam alat yang berteknologi tinggi, sedangkan di negara berkembang masih sebatas menggunakan alat seperti bajak bahkan masih ada yang menggunakan kerbau sebagai penggerak alat penggembur tanah.

Itulah beberapa ciri-ciri negara maju dan negara berkembang, semoga bermanfaat dan membantu untuk mendapatkan pengetahuan tentang negara maju dan negara berkembang.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah