-->

[ADS] Top Ads

Victor Giovan Raihan: Pengusaha Sukses Yang Mengembangkan Bisnis di Usia Remaja

Victor Giovan Raihan - Memulai bisnis tidak harus menunggu usia mencapai tahap dewasa. Menjadi pengusaha sukses juga tidak harus menunggu usia kita menginjak 30 tahun ke atas. Sukses tidak memandang usia, karena keberhasilan dan kesuksesan adalah milik semua orang yang memiliki tekat yang kuat untuk mencapai keberhasilan. Begitu pula untuk memulai bisnis dan menjadi pengusaha sukses, tidak harus menunggu usia yang sudah matang. Kapan pun kita bisa memulai bisnis dan mencapai kesuksesan.

Victor Giovan Rairhan
Profil Pengusaha Sukses Victor Giovan Raihan

Sudah banyak pengusaha yang berhasil sukses di usianya yang masih relatif muda. Salah satunya adalah Victor Giovan Raihan. Ia memulai bisnisnya pada usia yang masih belia. Produk yang ia tawarkan banyak yang menyukainya. Sekarang ia telah menjadi pengusaha sukses dengan bisnis berbagai kuliner. Kisah menuju kesuksesan juga cukup unik dan patut untuk ditiru. Oleh sebab itu, silahkan simak kisah dan profil pengusaha muda yang satu ini.

A. Profil Victor Giovan Raihan

Victor Giovan Raihan merupakan anak sulung dari dua bersaudara, lahir pada 26 September 1994 di Kepanjen, Malang. Ayahnya bernama Bambang Hermanto, sedangkan ibunya bernama Sri Winarsih. Pendidikan terakhir Giovan hanya lulusan SMA, tepatnya SMA Negeri 1 Kepanjen. Walaupun hanya lulusan SMA,  dia mempunyai beberapa bisnis yang sudah diberi brand dan sukses. Usaha yang ia kembangkan adalah bisnis kuliner yang bernama Bakso Mercon, Iga Jamela, dan Teh Kempot.


Berikut adalah profil pengusaha muda Victor Giovan Raihan:

Nama Lengkap : Victor Giovan Raihan
Panggilan : Raihan/Giovan
Tempat Lahir : Kepanjen, Malang
Tanggal Lahir : 26 September 1994
Alamat : Jalan Panji II, Kecamatan Kepanjen, Malang
Orang Tua : Bambang Hermanto (Ayah) Sri Winarsih (Ibu)
Pendidikan Terakhir : SMA Negeri 1 Kepanjen

Sebagian besar keluarga Victor Giovan berlatar belakang angkatan bersenjata/militer. Bahkan ayahnya menganjurkan untuk masuk sekolah kepolisian, namun ia tidak berminat untuk mengikuti jejak tersebut. Modal untuk memulai dan mengembangkan bisnis yang ia lakukan berasal dari uang pribadi dan pinjaman dari orang tuanya. Ini menunjukan bahwa, Victor Giovan Raihan benar-benar memulai dan membangun usahanya dari nol.
Baca Juga: Profil Hafiza Elfira: Pengusaha Muda Sukses Yang Memberdayakan OYMPK

B. Memulai Bisnis dan Menuju Kesuksesan

Pemuda kelahiran Malang, Giovan memiliki beberapa bisnis kuliner yang bermerek Bakso Mercon, Iga Jamela, dan Teh Kempot. Saat ini bisnis yang menjadi andalannya adalah minuman cepat saji, yaitu Teh Kempot. Sebelum memulai dan membangun bisnis Teh Kempot, ia sudah mengelola bisnis bakso. Jadi bisnis bakso dulu, baru Teh Kempot. Bisnis bakso Giovan terbilang cukup sukses, karena sudah terkenal di beberapa daerah, termasuk saya sendiri pernah mendengar nama "Bakso Mercon". Jika anda di sebuah kota coba cari Bakso Mercon, kemungkinan besar ada.

1. Memulai Bisnis Dengan Ide dan Kreativitas

Beberapa bisnis telah berhasil dan yang menjadi andalan untuk saat ini adalah Teh Kempot, minuman cepat saji. Di usianya yang masih remaja yaitu 18 tahun, Giovan iseng-iseng membuat dan meracik sendiri minuman cepat saji. Bahan-bahan yang digunakan antara lain, susu fermentasi, teh, cincau, sinom/jamu, buah-buahan, hingga bahan dasar yang dapat diracik sendiri. Bahan dasarnya adalah minuman teh dan susu fermentasi. Minuman yang ia ciptakan dengan kreativitasnya ternyata banyak disukai para konsumen.

Victor mencoba membuat membuat Teh Kempot lebih bervariasi dengan idenya sendiri. Membeli daun teh setengah matang dari seorang pemasok dan dikelola sendiri, lalu dicampur dengan yoghurt (susu fermentasi). Minuman tersebut juga memiliki banyak rasa yaitu; rasa cokelat, setroberi, dan rasa lemon tea.

Victor Giovan Rairhan dan Teh Kempot
Victor Giovan Rairhan dan Teh Kempot
Ide untuk memberi brand minuman dengan nama Teh Kempot memiliki arti dan harapan bagi Giovan. Nama tersebut diambil dari cara orang-orang meminum minuman kemasan dengan sedotan. Ketika minumannya terasa nikmat dan akan habis, orang-orang akan menyedotnya hingga habis dan pipinya menjadi kempot. Paling tidak harapan Giovan adalah; minuman yang ia buat terasa enak, sehingga para konsumen suka, bahkan sampai kempot pipinya ketika menyedot dan menghabiskan minuman cepat saji tersebut.
Baca Juga: Biografi Yasa Singgih Pengusaha Sukses Di Usia Muda

2. Sukses di Usia Muda

Modal awal yang dia gunakan sebesar 3 Juta Rupiah yang didapatkan dari orang tuanya dengan cara meminjam. Per kemasan satu gelas teh yoghutr (Teh Kempot) ukuran 250 ml ia jual dengan harga 2.000-2.500 rupiah saja. Usaha bakso dan iga masih tetap ia jalani. Jumlah karyawan total dari bisnisnya tidak kurang dari 50 orang. Khusus untuk Teh Kempot, saat itu, setiap hari menghabiskan 20 kg daun teh kering dan gula 4 kilo gram per outlet.

Keuntungan yang ia dapatkan cukup fantastis, jika outlet dalam kondisi sepi, sebesar 2 Juta Rupiah per bulan. Outlet/gerobak Teh Kempot yang sedang ramai bisa lebih dari itu. Awalnya ia tidak berani untuk membuka waralaba (franchise), yaitu bekerja sama dengan mitra untuk menggunakan hak merek Teh Kempot. Alasanya, karena ia masih sangat pemula. Namun, pada tahun 2014, Victor Giovan memiliki 10 outlet sendiri dan 17 outlet lainnya yang dikelola oleh mitra.

Bermitra dengannya untuk mendapatkan hak guna ide kreatifnya cukup dengan membayar 3,5 Juta Rupiah. Ikut bergabung dengan mitra bisnis tersebut akan mendapatkan 1 paket alat dan bahan sudah jadi. Satu set gerobak, alat masak dan seratus gelas kemasan berukuran 250 ml. Kemungkinan dan bisa saja bermitra dengan dua brand sekaligus, yaitu bakso dan teh kempot. Keuntungan dari teh kemasan siap saji tersebut dapat mencapai 350%. Berbeda dengan bakso, keuntungannya mencapai 100%.

Hasil kerja keras dari usahanya kini membawa kesuksesan. Saat ini brand yang miliki tersebar di berbagai kota, seperti Malang, Jakarta, dan Palembang. Tidak hanya sampai di situ saja, seiring berjalannya waktu, usahanya yang berkembang pesat akan melebarkan sayapnya di berbagai daerah.
Baca Juga: 9 Profil Pengusaha Sukses Asal Indonesia

C. Penutup

Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil dari profil dan kisah pengusaha muda Victor Giovan Raihan. Pertama, kesuksesan tidak pandang umur. Terbukti bahwa, Victor telah berhasil menjadi pengusaha sukses di usianya yang masih belia. Kedua, tidak ada alasan jika ingin menjadi pembisnis harus berasal dari keluarga yang berlatar belakang pembisnis juga. Victor bukan berasal dari keluarga pengusaha, namun ia tetap berhasil menjadi pengusaha.

Terakhir, hal yang paling penting dari kisah pengusaha muda tersebut adalah tidak gengsi dalam memulai bisnis. Tidak gengsi untuk mendorong gerobak, menjual bakso dan minuman. Jangan sampai meremehkan Abang Tukang Bakso dan Abang Penjual Keliling, karena dibalik perjuangan yang begitu mengharukan, ternyata mendapatkan hasil yang cukup besar. Contohnya Teh Kempot yang Victor miliki, keuntungannya mencapai 350%. Jika 350% tersebut diukur dari modalnya, maka berapa jumlah 350% dari 3,5 Juta Rupiah?
Artikel Terkait: 15 Kisah Pengusaha Muda Yang Sukses Di Indonesia
Ternyata Tukang Jualan Keliling diam-diam menghanyutkan bukan.....?

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah