-->

[ADS] Top Ads

RIEZKA RAHMATIANA Pengusaha Muda Juragan Pisang Ijo

Riezka Rahmatiana
Riezka Rahmatiana Pengusaha Pisang Ijo
Cantik dan pentang menyerah, itulah sosok Riezka Rahmatiana si Juragan Pisang Ijo. Kegagalan yang ia alami tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali. Namun, wanita kelahiran lombok ini tidak pernah pantang menyerah. Ia mencoba dan tetap mencoba untuk bangkit kembali membangun sebuah usaha. Sampai akhirnya Riezka menemukan jalan dan menuai keberhasilan.

Menjadi pengusaha yang sukses dan memiliki ciri khas memang perlu kreatifitas dan ide yang cemerlang. Seperti Victor Giovan Raihan yang menciptakan minuman cepat saji dengan brand Teh Kempot, Riezka juga memiliki produk yang unik. Dengan kreatif  Riezka Rahmatiana membuat produk pisang ijo yang bernama (brand/merek) Just Mine Pisang Ijo.

Sekilas Profil Riezka Rahmatiana

Saat memulai bisnis pisang ijo, Riezka masih kuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung. Lahir di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 21 Maret 1986. Saat ini pada tahun 2018 berarti sudah berusia 36 tahun. Pada tahun 2007 Riezka memulai bisnis pisang ijo dan dapat dibilang sukses setelah menekuni pisang ijo selama tiga tahun. Artinya, ia menjadi pengusaha muda sukses antara umur 23-24 tahun.

Tidak hanya sukses di pisang ijo, Riezka juga mendapat berbagai macam penghargaan, di antaranya; Ernst &Young Winning Women (2012), Runner Up Who Want To BE Young Enterpreneur Award (2011), Best 9 Young Caring Profesional Award 2011 martha tilaar, Pemuda Berprestasi Bidang Perekonomian & Kemakmuran 2010, Satya Karya Adi Siswa Padjajaran 2010, Wirausaha Muda Mandiri 2008, dan The Young Entrepreneur Award.
Baca Juga: Profil Hafiza Elfira: Pengusaha Muda Sukses Yang Memberdayakan OYMPK

Kegagalan Yang Pernah Dialami

Sebagai pebisnis muda, Riezka Rahmatiana juga pernah mengalami kegagalan. Tidak hanya satu dua kali gagal, tetapi pernah gagal sebanyak 8 kali dan yang ke 9 baru berhasil. Ia mulai merintis bisnis yang pertama sejak usia 18 tahun dan sejak awal ia memang senang berbisnis atau berjualan. Pernah mencoba mengikuti kegiatan MLM namun gagal, karena ditipu oleh oknum Leader MLM. Jualan snack, pulsa, membuka laundry dan membuka cafe juga pernah ia lakukan, tetapi kembali gagal.
Riezka Rahmatiana
Riezka Rahmatiana dan Outlet Es Pisang Ijo
Kegagalan yang dialami tidak membuat Riezka pantang menyerah. Setelah beberapa kali gagal ia membuka bisnis dengan berjualan minuman jus, namun gagal juga. Akhirnya momentum mendapatkan ide untuk membuat dan menjual produk pisang ijo ia dapatkan. Riezka pergi ke Makasar dan membeli pisang ijo di sebuah pasar tradisional, rasanya ternyata enak. Saat itulah ia mendapatkan ide untuk mencoba bisnis pisang ijo dengan varian yang baru. Bisnis ke sembilan dari wirausaha yang pernah ia coba.

 Mulai Berbisnis Pisang Ijo dan Meraih Kesuksesan

Dibalik suami yang hebat terdapat istri yang kuat, begitu pula sebaliknya. Kesuksesan Riezka Rahmatiana juga tidak lepas dari dukungan suaminya. Bersama-sama dengan suaminya, Riezka mencoba membuat pisang ijo. Tidak hanya sekali saja ia langsung berhasil membuat pisang ijo. Tetapi untuk membuat pisang ijo yang pas dan enak, Riezka butuh resep dan membuatnya berkali-kali, hingga mendapatkan hasil yang ia inginkan.

Menjual produk es pisang ijo pun dimulai dengan modal 150 Ribu Rupiah. Riezka menjual produknya di kampus, tempat ia menimba ilmu setelah perkuliahan selesai. Bisa dibilang pagi kuliah siang jualan pisang ijo. Perjalanan bisnis pisang ijo dimulai. Waktu berjalan seperti biasanya, usaha pisang ijo tetap ia tekuni dengan sabar, hingga produk pisang ijo menjadi banyak diminati dan menjadi terkenal di Bandung. Kini bisnis yang ia tekuni membawanya ke pada kesuksesan dan telah memiliki brand JutsMine Pisang Ijo.
Baca Juga: Biografi Nissa Sabyan Vokalis Gambus Yang Suaranya Maknyus
Tidak mau sukses sendiri, Riezka Rahmatiana mulai membuka waralaba pisang ijo. Dengan membuka franchise bisnis yang ia tekuni, dapat melebarkan sayap di berbagai kota. Pada saat ini tahun 2018, bisnis pisang ijo memiliki 500 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. 23 cabang outlet yang ia miliki sendiri juga tersebar di beberapa daerah. Saat ini, Anda dapat melihat waralaba pisang ijo di berbagai kota besar seperti di Jakarta, Solo, Bandung, Sidoarjo, Makasar, dan Palembang. Jika penasaran dengan Twitter Riezka ini link yang akan menuju ke twitternya @RiezkaPisangIjo.

Kalau usaha itu harus fokus dan konsisten, karena semua usaha itu harus berproses, kalau mau besar juga harus berproses, tapi kuncinya harus fokus dan konsisten terhadap usaha yang dijalani saat ini. (Riezka Rahmatiana)

Wirausaha Riezka fokus pada olahan pisang, selain JutsMine Pisang Ijo, ternyata juga terdapat Bandung Banana, dan Lady Banana sebagai produk dan mereknya. Saat ini terdapat dua metode dalam memasarkan produknya. Untuk Bandung Banana, dan Lady Banana di jual secara ritel, yaitu online shoop, dan khusus untuk JustMine dengan waralaba. Dalam memilih mitra, Riezka tidak sembarangan, ada prosedur dan seleksi untuk menjadi mitra waralaba. Harus punya jiwa interprener, sanggup mengontrol dan melaporkan hasil usahanya kepada management, jika tidak sanggup maka tidak akan diterima.
Riezka Rahmatiana
Riezka Rahmatiana dan Logo Just Mine Pisang Ijo

Itulah kerja keras pantang menyerah dalam berwirausaha Riezka Rahmatiana dalam proses menemukan jalan kesuksesan. Walau hanya berawal dari satu outlet yang ia kelola sendiri, tetapi dengan senang hati, kerja keras, dan kerja cerdas Riezka mampu mengembangkannya.

Kegiatan Riezka Rahmatiana Selain Bisnis Pisang Ijo

Tidak hanya berwirausaha untuk dirinya sendiri, ia juga membagi ilmunya untuk orang lain. Terutama mahasiswa, karena bagi Riezka, usia mahasiswa adalah usia ideal untuk memulai dan membangun usaha. Tidak hanya membagi ilmu, ia juga kerap membagikan fasilitas oprasional yang dapat menunjang usaha. Semua diberikan gratis.
Baca Juga: 9 Profil Pengusaha Sukses Asal Indonesia
Giat berwirausaha dan berhasil memperoleh kesuksesan tidak membuatnya lupa daratan, ia juga peduli terhadap pendidikan anak yatim. Di waktu senggang selama satu minggu sekali ia juga membagikan berbagai ilmu kepada anak yatim dan anak jalanan. Tujuannya, menanamkan ilmu wirausaha  sejak dini. Ia juga membuka cakrawala anak-anak dengan memberikan pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Video Riezka

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah