-->

[ADS] Top Ads

15 Kisah Pengusaha Muda Yang Sukses Di Indonesia

Kisah Sukses Pengusaha Muda
Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia
Siapa sih yang tidak ingin menjadi pengusaha yang sukses di usia muda? Tentu banyak sekali yang menginginkan kesuksesan, namun juga banyak orang atau bahkan pemuda kurang sadar bahwa sukses tidak harus ketika berumur 30-50 tahun. Sudah banyak orang yang sukses, yang masih berusia di bawah 30 tahun telah membuktikannya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan disebutkan beberapa pengusaha/wirausahawan muda sukses yang di Indonesia beserta kisah suksesnya dalam meraih keberhasilan.

1. Hafiza Elfira

Ia adalah mahasiswi Universitas Indonesia. Memiliki rasa kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi. Ia juga seorang socialpreneur, yakni entrepreneur yang memiliki dan memberikan dampak positif di bidang social. Hafiza Elfira, telah memberdayakan ibu-ibu penderita kusta di Sitanala di bawah naungan Nalacity Foundation. Ia membekali ibu-ibu, yang pada saat ini sulit untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang pantas dan sesuai. Dengan berbagai keterampilan menjahit, Ibu-Ibu tersebut dapat dibekali untuk sekedar menghiasi hijab dengan manik-manik atau sejenisnya.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Hafiza Elfira
Dengan usaha yang telaten, ulet dan sabar, Hafiza mampu mendapatkan omset penjualan hingga ratusan juta setiap bulannya. Ia juga berhasil meraih penghargaan sebagai sepuluh Pengusaha Muda Sukses. Ia meraih itu semua di usianya yang masih relatif muda, yaitu pada usia 22 tahun.

Dalam bisnisnya, Hafiza Elfira memanfaatkan media sosial secara online seperti website, twitter, Facebook, Instagram sebagai sarana untuk memasarkan jilbab produksi Nalacity Foundation tersebut. Wanita cantik berhijab yang memiliki nama lengkap Hafiza Elfira Nofitariani ini mencerminkan kesusesannya di usia muda, sehingga dapat memberikan inspirasi bagi kita-kita yang masih muda.
Baca Juga: Profil Hafiza Elfira: Pengusaha Muda Sukses Yang Memberdayakan OYMPK

2. Victor Giovan Raihan

Iseng-iseng membuat racikan minuman yang sederhana dari teh dan susu fermentasi, eeeh malah sukses. Pelajar berusia 18 tahun (pada 2016) telah berhasil mengembangkan Teh Kempot sebagai brand/merek yang laris di pasaran. Minuman yang ia racik ternyata disukai banyak orang, hingga ia memiliki 10 outlet sendiri dan 17 outlet yang dikelola oleh mitra bisnis.

Kisah Sukses Pengusaha Muda
Victor Giovan Raihan
Merek minuman yang unik dan mudah diingat oleh masyarakat dijual dengan harga 2000-2500 rupiah perkemasan dan memiliki volume 250 mili litler. Membuka kemitraan dengan modal 3,5 juta rupiah saja seorang mitra akan mendapatkan satu paket gerobak, alat masak dan 100 gelas plastik kemasan. Jika penjualan melebihi 100 gelas maka akan ditambah lagi.

Pengusaha muda sukses Victor Giovan Raihan telah memberikan sebuah pelajaran berharga bagi kita yang masih muda. Jangan meremehkan para pedagang keliling yang mendorong gerobak untuk menjual sebuah produk yang hanya seharga 2000 rupiah perkemasan. Diam-diam tetapi menghanyutkan, sedikit demi sedikit tetapi mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Jadi untuk para pemuda, jangan gengsi terhadap sebuah pekerjaan yang pada saat ini banyak orang memandang sebelah mata.
Baca Juga: Victor Giovan Raihan: Pengusaha Sukses Yang Mengembangkan Bisnis di Usia Remaja

3. Yasa Singgih

Kepepet karena sang ayah menderita sakit adalah motivasi yang luar biasa bagi seorang pemuda yang bernama Yasa Singgih. Di usianya yang masih remaja (15 tahun)  ia bekerja sebagai MC di berbagai acara. Berbagai bisnis seperti jualan lampu hias dan kaos juga pernah ia lakoni. Namun, itu semua kandas di tenngah jalan karena berbagai faktor.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Yasa Singgih
Brand “Ini Teh Kopi” telah membawanya menuju keberhasilan yang cukup pesat. Bahkan ia juga berani membuka cabang di sebuah Mall Ambasador. Namun nasib masih memberinya ujian, kedai minuman tersebut lambat laun mengalami kemunduran dan akhirnya bangkrut dan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Tidak kapok dan menyerah, pemuda yang bernama Yasa Singgih tetap gigih dalam berbisnis. Ia memiliki pemikiran bahwa “bisnis bagi saya adalah yang nomer satu, karena bisnislah yang menghidupkan kegiatan saya” seperti kuliah dan lain-lain. Produk Men’s Rapublic, yang menyediakan fashion pria telah membawanya menuju keberhasilan. Berjualan lewat media online menjadi ide yang cermerlang. Hingga omset ratusan juta rupiah ia dapatkan.
Baca Juga: Biografi Yasa Singgih Pengusaha Sukses Di Usia Muda

4. Nicholas Kurniawan

Merupakan seorang pengusaha sukses di usianya yang masih muda. Saat masih belajar di SMA ia sudah mendapatkan keuntungan 2-3 Juta Rupiah setiap bulan dan di usianya yang masih 23 tahun, Nicholas berhasil mendapatkan keuntungan ratusan juta rupiah.

Kisah Sukses Pengusaha Muda
Nicholas Kurniawa
Bisnis yang ia jalani adalah berjualan ikan hias. Berawal dari seorang temannya yang memberikan beberapa ikan Garra Rufa yang biasanya digunakan untuk terapi, namun ia jual kembali melalui media online Forum Jual Beli di kaskus karena ia merasa tidak terlalu berguna untuknya. Ternyata peminat ikan tersebut sangat banyak, hanya dalam hitungan jam ikan yang ia tawarkan habis terjual dan masih banyak yang ingin membelinya.

Kesuksesan tersebut tidak ia dapatkan begitu saja. Sebelumnya ia pernah mengalami beberapa kegagalan dalam usaha yang ia bangun. Pada usia 8 tahun ia mencoba pernah mencoba untuk berjualan makanan dan minuman, namun bisnis tersebut tidak berjalan lama. Gagal dalam usahanya yang pertama, kemudian ia mencoba bangkit kembali untuk berjualan pakaian. Kali ini pun ia mengalami kegagalan, namun ia lebih suka menyebutnya belum menemukan cara yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Sampai akhirnya ia mendapatkan ilham dari ikan Garra Rufa yang diberi oleh temannya itu.

Bisnis berjualan ikan hias Nicholas Kurniawan kini menjadi berkembang. Berbekal ilmu yang ia dapatkan dari perkuliahan, ia mengembangkan bisnisnya dan membangun sebuah merek/brand yang bernama Venus Aquatics. Bisnis yang ia lakoni kini mampu menjual ikan hias ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

5. Theresia Deka Putri

Merupakan pengusaha muda yang sukses dalam mengembangkan bisnis kopi. Kopi Luawak Lanang adalah brand yang ia miliki bersama dengan perusahaan CV Karya Semesta. Di usianya yang masih 29 tahun ia sudah memegang komando perusahaan tersebut dan menghasilkan omset hingga miliyaran rupiah.

Sejak masih belajar di bangku Sekolah Dasar ia sudah terlihat memiliki jiwa pembisnis. Ia menabung untuk modal yang ia gunakan untuk membeli barang lalu ia jual lagi kepada teman atau tetangganya. Pada saat belajar di SMA ia mulai menjadi salah satu tenaga pemasaran di salah satu perusahaan. Sebagai seorang marketing yang masih berumur belasan tahun ia sudah mendapatkan pengalaman keluar masuk pasar melihat situasi dan kondisi pasar.

Kisah Sukses Pengusaha Muda
Theresia Deka Putri
Dari pengalaman itulah ia akhirnya mendapatkan sebuah inspirasi untuk berjualan kopi, karena sepanjang jalan pasar ia banyak menemukan warung yang berjualan kopi. Kesempatan ini tidak ia sia-siakan, ia meminjam uang sejumlah 200 juta untuk untuk memulai usaha kopi, ia juga memesan biji kopi yang ia bayar di belakang. Dengan sedikit keahlian ia mengolah kopi, menyangrai secara tradisional, membungkusnya dan memasarkan ke warung-warung.

Awalnya Theresia Deka Putri mengemas produk kopinya belum ada merek, bahkan bungkus yang ia gunakan masih polos dan ketika bisnis kopi yang ia jalani berkembang baru ia menciptakan merek yang akan menjadi terkenal. Selain Kopi Luawak Lanag, merek kopi yang ia ciptakan adalah Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam.

6. Hamzah Izzulhaq

Dikutip dari Youngster.id bahwa, “Hamzah Izzulhaq memulai membangun perusahaan lewat bisnis waralaba bimbingan belajar (bimbel) Bintang Solusi Mandiri di tahun 2011. Dari satu tempat, kini bimbel tersebut telah memiliki lima cabang dengan omzet mencapai Rp 360 juta per semester. Tak berhenti sampai di sana, dia juga sukses mengembangkan usaha kerajinan sofa bed bermerek Pikanto. Dan di akhir tahun 2015, Hamzah semakin melebarkan sayap dengan mengembangkan bisnis properti di sejumlah kota-kota kecil di Jawa Barat”.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Hammzah Izzulhaq
Pemuda yang lahir pada 26 April 1993 ini juga merupakan direktur utama sebuah perusahaan yang bernama PT Hamasa Indonesia. Ia mendapatkan kesuksesan di usianya yang masih relatif muda dan membangun bisnisnya pada usia 19 tahun. Mengingat latar belakang keluarga Hamzah adalah di bidang akademik yaitu, ayahnya seorang dosen sedangkan ibunya seorang guru, tidak menghalangi niatnya untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Sejak belajar di Sekolah Dasar Hamzah sudah belajar berjualan, tujuannya saat itu hanya sekedar untuk tambahan uang jajan. Kelas tiga SD ia sempat berjualan petasan, kelereng, dan sempat menjual jasa ojek payung serta ngamen di jalanan. Naluri sebagai pembisnis juga terus ia asah pada saat masih SMP. Bermain Game Online, hobi yang ia sukai ternyata tidak luput dari seorang pembisnis muda ini. Ia menjual ukun geme online yang sudah memiliki level tinggi ke pada rekan dan lawan pemainnya. Dari hobinya itu, ia mendapat hasil hingga 1,2 juta rupiah untuk satu akun.

Kegagalan juga pernah ia alami. Pertama, keuntungan dari penjualan buku yang dikalkulasi selama 1 semester yaitu, 950.000 rupiah ia gunakan untuk membuka usaha konter. Namun, hanya tiga bulan saja usaha tersebut bangkrut. Kedua, dari sisa modalnya itu, ia berjualan pulsa lagi dan membeli alat untuk membuat pin. Karena tidak menguasai teknik pembuatan pin, produknya pun gagal sehingga tidak ada yang mau membelinya. Ketiga, ia berjualan snack roti dan alhamdulillah dari usahanya ini ia juga mendapatkan keuntungan.

Namun, pada saat yang sama ia kembali menemukan inspirasi. Sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan yaitu, usaha bimbingan belajar atau sering disebut dengan bimbel. Dari bisnis inilah, Hamzah mulai menemukan sebuah keberuntungan dan berkembang dengan pesat. Lima lisensi telah ia dapatkan untuk bisnis bimbel tersebut yang memiliki sekitar 200 siswa setiap semester dengan omset sekitar 360 juta rupiah persemesternya.

7. Riezka Rahmatiana

Salah satu pengusaha muda yang sukses karena kreativitasnya mengembangkan bisnis kuliner yang bernama Pisang Ijo Justmine. Pada tahun 2016 usaha kiliner tersebut sudah mencapai 300 outlet/gerobak yang tersebar di seluruh Indonesia dan meraup omset hingga ratusan juta rupiah. Akan tetapi untuk mendapatkan kesuksesan tersebut tidak semudah yang kita bayangkan, karena bisnis pisang ijo merupakan bisnis yang ia bangun dari ke sekian bisnis yang pernah ia jalani namun gagal.

Kisah Sukses Pengusaha Muda
Riezka Rahmatiana
Awalnya, Riezka Rahmatiana sejak duduk di bangku sekolah ia sempat berjualan donat, stiker, mengoleksi perangko yang kemudian ia jual. Pada umur 18 tahun ia pernah gagal karena seorang oknum yang tidak bertanggung jawab. Ia ikut MLM dengan produk kesehatan, namun ia dibohongi karena leadernya kabur dan kabarnya membawa sejumlah uang 150 Juta Rupiah. Untung saja modal yang ia gunakan untuk ikut MLM adalah hasil tabungan pribadinya.

Selanjutnya ia mencoba kembali berbisnis dengan berjualan pulsa elektronik dan mendapat omset yang lumayan. Modal yang ia dapatkan dari menjual kamera SLR seharga 150 Ribu Rupiah. Mungkin Riezka tidak paham dengan harga kamera, karena kamera tersebut sebelumnya ia beli dengan harga 4 Juta Rupiah. Omset yang telah ia dapatkan kemudian ia gunakan untuk usaha yang lebih besar, yaitu untuk membuka cafe namun gagal.

Setahun berikutnya ia kembali mencoba peruntungan dengan berjualan aneka jus stroberi, alhamdulillah ia mendapatkan omset yang lumayan. Dua tahun berikutnya ia baru membangun bisnis pisang ijo, yaitu bisnis yang ke sembilan kalinya karena bisnis sebelumnya bisa dikatakan gagal. Ide bisnis pisang ijo ini ia dapatkan ketika berada di Makasar tepatnya saat makan es pisang ijo dan menurutnya rasanya enak.
Baca Juga: RIEZKA RAHMATIANA Pengusaha Muda Juragan Pisang Ijo
Bisnis pisang ijo Riezka Rahmatiana akhirnya berkembang pesat hingga ia menciptakan brand yang bernama Pisang Ijo Justmine. Mulai dengan modal 2 Juta Rupiah bisnis pisang ijo tersebut ia bangun. Perlahan produk kulinernya dikenal oleh banyak orang sampai akhirnya kegagalan yang pernah ia alami terbayar lunas karena saat ini omset yang ia dapatkan mencapai ratusan juta rupiah.

8. Iqbal Azhari

Tidak banyak informasi mengenai Iqbal. Seorang pengusaha muda yang sukses di usianya yang masih muda, yaitu 21 tahun. Ia adalah seorang founder & CEO PT. Kampung Properti Group sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agency properti (jual-beli dan sewa investasi) dan digital advertising. Ia mendirikan perusahaan tersebut hampir tanpa modal karena ia telah berhasil menumbuhkan sistem baru, cara berfikir kreatif dan memiliki keyakinan yang kuat pada setiap agen.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Iqbal Azhari
Ia lahir pada 11 Juli 1994 di sebuah kota yang terkenal dengan makanan khas rujak cingur dan lontong balap, yaitu kota Surabaya. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bisnis apa yang telah ia lakoni sehingga menjadi salah satu pemuda yang sukses, silahkan berkunjung ke situsnya di iqbalazhari.com

9. Bong Chandra

Berbeda dengan pembisnis di atas, Bong Candra adalah seorang motivator yang populer di Indonesia. Ya, pemuda kelahiran Jakarta ini memang memiliki kata-kata yang ajaib untuk memberikan motivasi kepada banyak orang. Saking suksesnya, Bong Candra mendapat gelar Motivator Termuda se-Asia pada usia 23 tahun. Ia sering mengadakan acara seminar motivasi di berbagai daerah khususnya di Indonesia. Selain menjadi seorang motivator yang sukses, ia juga seorang penulis buku yang bergenre entrepreneur yang berjudul Unlimited Wealth.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Bong Candra
Menjadi seorang motivator tentu kesuksesan yang diraih bukan sekedar seberapabanyak finansial yang di dapatkan, akan tetapi ukuran sukses seorang motivator adalah seberapa banyak orang yang telah berhasil ia motivasi. Oleh sebab itu, sampai saat inipun Bong Candra tetap semangat memberikan motivasi kepada banyak orang.

Sebelum Bong Candra benar-benar sadar bahwa bakat seorang motivator telah ada pada dirinya, ia juga pernah menjalani beberapa bisnis lain. Pada saat masih duduk di SMA Bong Candra pernah nekat ke Bandung untuk berbelanja pakaian dengan modal kepercayaan. Pagi ia berangkat dengan seorang temannya, kemudian pada sore hari ia bawa pulang ke Jakarta.

Bisnis yang ia jalani ternyata mendapat cemooh dari teman-temannya, seperti “seumuran kita harusnya bersenang-senang”. Bong Candra sadar bahwa cemoohan tersebut dapat berpotensi melemahkan semangat, namun ia tetap kukuh dan berbagai macam buku motivasi juga telah ia baca. Orang tua Bong Candra ternyata juga mendukung apa yang ia lakukan tersebut. Kali ini Bong Candra telah berhasil memberikan motivasi kepada dirinya sendiri.

Keberhasilannya dalam memotivasi diri ternyata ia tularkan kepada temannya, ia sering memberikan motivasi dan nasihat kepada temannya yang sedang patah semangat. Pada saat itulah Bong menjadi yakin bahwa ia memiliki bakat alami yang tanpa ia sadari sebelumnya. Ia bersama lima temannya  membuat event organizer untuk pelatihan motivasi. Melalui event yang kecil-kecilan kini Bong Candra memiliki teman yang berjumlah 90 ribu peserta pelatihan dan tentu jumlah itu terus bertambah jika kualitas Bong Candra lebih ditingkatkan.

10. Elang Gumilang

Pada tahun 2007-2008, seorang yang bernama Elang Gumilang telah mendapatkan penghargaan Wirausaha Muda Mandiri dan Indonesia’s Top Young Entrepreneur. Ternyata bisnis yang ia bangun adalah bisnis properti di bawah bendera sebuah perusahaan Elang Group. Cita-cita yang ingin ia raih juga sangat mulia, yaitu membuat perusahaan yang dapat memberikan pekerjaan lebih dari 100.000 orang, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan dapat menaikan taraf ekonomi Indonesia.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Elang Gimilang
Pada saat SMA Elang sudah mulai mengasah jiwa wirausahanya. Saat itu ia memiliki target dapat mengumpulkan uang 10 juta rupiah dengan berjualan kue donat di beberapa Sekolah Dasar di kawasan Bogor. Setelah lulus sekolah di SMA dan berhenti berjualan kue donat, ia tidak menyerah untuk mendapatkan uang. Dengan mengikuti perlombaan-perlombaan seperti Java Economic Competition tingkat pulau Jawa dan Kompetisi Ekonomi. Ternyata Elang seseorang yang cerdas, banyak perlombaan berhasil ia menangkan sehingga ia dapat mengumpulkan uang dan dapat membiayai kuliahnya sendiri.

Dengan modal sejumlah uang 1 juta rupiah ia telah membuka bisnis sepatu. Elang memesan sepatu dari salah satu supplier terpercaya, kemudian ia jual kepada rekan-rekan satu kampusnya. Ternyata bisnis tersebut tidak berjalan lancar. Setelah tiga tahun berlalu supplier sepatu menurunkan kualitas produknya dengan alasan untuk mengurangi biaya produksi.

Berhenti berbisnis sepatu, Elang tidak patah semangat. Emang dasar orang cerdas ide pun kembali ia dapatkan, yaitu memulai berbisnis pengadaan lampu. Dengan bekerja sama dengan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia Elang dapat meraup keuntungan 15 juta rupiah dalam sekali penjualan. Karena bisnis pengadaan lampu dinilai memiliki perputaran yang lambat, ia beralih menjadi seorang penjual minyak goreng dengan berkeliling kampung ke kampung.

Menguras banyak waktu telah membuatnya untuk berhenti menjalankan bisnis tersebut. Akhirnya ia berkecimpung dalam dunia properti. Modal yang telah ia dapatkan dari bisnis-bisnis sebelumnya ia gunakan untuk merintis bisnis dengan membangun kompleks perumahan sederhana dengan harga terjangkau. Bisnis tersebut akhirnya berkembang pesat dan pada saat itulah Elang mendapatan bisnis yang pas dan sesuai dengan yang selama ini ia harapkan.

11. Merry Riana

Dia adalah seorang pengusaha dan motivator asal Indonesia. Terkenal dengan prestasinya yang menghasilkan uang 1.000.000 Juta Dolar Singapura di usianya yang masih muda, yaitu 26 tahun. Prestasi yang ia dapatkan ternyata memerlukan perjuangan yang sangat luar biasa. Namun, nilai yang sangat penting dalam meraih kesuksesan di usia mudanya bukan nomimal uang yang telah ia dapatkan, akan tetapi pelajaran dan proses yang telah ia lalui untuk mencapai kesuksesan itulah yang menjadi sangat berharga baik bagi Merry Riana sendiri dan bagi orang lain.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Merry Riana
Di tahun 1998 Indonesia mengalami kerusuhan di berbagai daerah terutama di Jakarta. Pada saat itulah Merry memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya di Nanyang Technological University Singapura. Ia kuliah di Singapura tidak mengandalkan biaya dari orang tuanya. Saat itu di Nanyang Technological University terdapat program pinjaman pendidikan yang boleh dibayar setelah lulus kuliah, namun harus ada orang yang menjamin pinjaman tersebut. Orang yang menjamin pinjaman tersebut adalah Alva yang kini menjadi suaminya.

Belajar di Negeri seberang jika berkaitan dengan permasalahan finansial memang sangat sulit, dan itulah yang dialami oleh Merry. Untuk mencukupi kebutuhannya, ia bekerja sebagai orang yang menyebarkan brosur dan pernah menjadi korban penipuan investasi. Ia pun gagal dalam bisnis MLM dan investasi. Semangat juang perlu ia pupuk kembali, sehingga Merry mengikuti beberapa seminar motivasi. Akhirnya dari Anthony Robbins, Merry mendapat inspirasi dan semangat kembali terbakar.

Merry bertekat untuk melunasi pinjaman uang kuliah sebelum menginjak usia 30 tahun. Benar saja, perjuangan yang selama ini ia lakukan telah membuahkan hasil yang sangat luar biasa, dalam usianya yang masih muda, yaitu 26 tahun, ia meraih satu juta dolar Singapura pertamanya.

Kisah tersebut telah diabadikan dalam beberapa media. Pada tanggal 26 Januari 2007 telah muncul artikel  The Straits Times yang berjudul “She's made her first million at just age 26" ("Ia mencapai satu juta dolar pertamanya di usia 26 tahun"). Buku yang berjudul  A Gift From a Friend telah ia terbitkan yang berisi kisah pengalamannya di Singapura. Terakhir film yang berjudul “Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar” telah rilis pada tahun 2004.

12 Andew Darwis

Anda tidak asing kan dengan situs yang bernama Kaskus? Jika anda belum mengetahui silahkan kunjungi laman situsnya di sini. Kaskus adalah sebuah situs forum komunitas yang berada di dunia maya Indonesia. Kaskuser adalah sebutan bagi penggunanya. PT Darta Media adalah nama perusahaannya dan memiliki lebih dari enam juta pengguna yang terdaftar. Andew Darwis adalah Founder & Chief Community Officer (CCO) PT Darta Media Indonesia (Kaskus) sekaligus pemilik (owner) Kaskus Network lewat PT Darta Media Indonesia.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Andew Darwis
Perjuangan membangun situs tersebut penuh dengan tantangan dan ia mulai dari nol dengan modal 30 ribu rupiah. Uang atau modal awal tersebut ia gunakan untuk membeli server yang kelak akan menjadi sebuah situs forum terbesar di Indonesia.

Andew Darwis mulai membangun situs tersebut dengan dua rekannya, Ronald dan Budi. Ia harus turun langsung untuk memperbaiki jika servernya down. Ketika pindah ke Jakarta, yang sebelumnya Kaskus dibangun di negeri Paman Sam, Darwis harus meyakinkan customer dan advertiser mengenai citra Kaskus. Pemasaran situs tersebut juga harus dimulai lagi dengan cara  door to door ke klien untuk memperkenalkan positioning Kaskus. Kurang lebih selama satu tahun Kaskus sudah mulai dipercaya banyak klien.

Berkat usahanya bersama tim yang bekerja di bawah bendera PT Darta Media, pada tahun 2009 Kaskus telah menghasilkan pendapatan kurang lebih dalam satu bulan mencapai 600 juta rupiah.

13. Nadiem Makarim

Gojek adalah sebuah aplikasi smatrphone yang menyediakan fitur-fitur layanan seperti ojek online, go food, go car, dan lain-lain. Kerbehasilan Nadiem Karim yang telah membuka dan membesarkan Gojek kini telah menjadi inspirasi bagi banyak generasi milenial. Kini Gojek adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dan telah melebarkan sayapnya hingga mancanegara.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Nadiem Makarim
Perusahaan Gojek terinspirasi dari kemacetan Kota Jakarta yang telah dialami oleh Nadiem sendiri. Sulitnya untuk menemukan tukang ojek saat berada di titik tertentu juga salah satu faktor bagi Nadiem untuk mengambangkan aplikasi tersebut.

Awalnya Gojek hanya memiliki 20 pengemudi (dirver) akan tetapi saat ini sudah memiliki jutaan diver. Dengan demikian ia telah membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

14. Achmad Zaky

Berawal dari sebuah website yang menjadi proyek internal perusahaan jasa konsultasi teknologi, Bukalapak yang dimulai pada tahun 2010 kini menjadi sebuah pasar online yang sangat besar. Achmad Zaky adalah pendiri bukalapak.com.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
Ahmad Zaky
Dalam pengembangannya Bukalapak dapat selesai dalam waktu 2 bulan yang kemudian Zaky mengajak para pedagang di mall untuk bergabung di bukalapak. Namun sayang, para pedagang mall justru sedikit responya. Justru para pedagang kecil yang yang merespon positif bukalapak. Akhirnya ia fokus kepada para pedagang kecil tersebut.

Bukalapak awalnya dibangun dengan modal kantong pribadi para pendirinya. Perkembangan yang pesat kini banyak investor yang memberikan suntikan dana kepada bisnis tersebut. Dan pada tahun 2011 bukalapak telah memiliki 10.000 pedagang yang ikut bergabung dan terus bertambah hingga saat ini.

15. William Tanuwijaya

Adalah seorang pengusaha Indonesia yang berhasil mendirikan Tokopedia, toko online jual beli di Indonesia. Keberhasilannya membesarkan Tokopedia menjadikan William Tanuwijaya pengusaha yang sukses di usia muda. Berbagai penghargaan juga telah ia dapatkan.
Kisah Sukses Pengusaha Muda
William Tanuwijaya
Gagasan untuk membangun Tokopedia adalah karena terinspirasi dari perusahaan internet dunia. Ia mengajak temannya untuk mendirikan tokopedia untuk menghubungkan para penjual dan pembeli di seluruh Indoesia dengan mudah. Namun modal menjadi kendala, kenyataan banyak investor yang belum yakin dengan toko online. Pada tahun 2009 akahirnya tokopedia berhasil dibangun untuk pertama kalinya dengan modal seorang investor.

Pada tanggl 6 Februari 2009, tokopedia resmi berdiri. Pada tahun 2014 Tokopedia mendapat suntikan dana sebesat 100 juta dolar Amerika  dari Softbank Internet and Media dan Sequoia Capital. Sampai saat ini Tokopedia akan terus berkembang.
Baca Juga:
Biografi Aksa Mahmud Pengusaha Indonesia Pendiri Bosowa Corp
Biografi Theodore Permadi Rachmat Pengusaha Dermawan Pendiri Triputra Group

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah