-->

[ADS] Top Ads

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya LENGKAP

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya
Sejarah Sebagai Peristiwa dan Contohnya
Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lampau tentu ada yang penting untuk dibahas dan ada pula yang tidak atau kurang penting. Sebuah peristiwa dianggap penting apabila peristiwa tersebut memberikan pengaruh terhadap masa yang selanjutnya. Bisa saja suatu peristiwa yang penting tersebut tidak langsung dianggap penting, namun setelah peristiwa itu berlalu dan dengan berjalannya waktu, peristiwa itu baru dirasakan pengaruhnya, sehingga dianggap penting pada masa berikutnya.

Berkaitan dengan konsep sejarah sebagai peristiwa, maka kita akan membicarakan tentang suatu kejadian, kenyataan, aktualitas manusia yang telah terjadi atau berlangsung pada masa lampau. Peristiwa penting merupakan merupakan pokok pembahasan dalam sejarah. Peristiwa adalah  sebuah gerak yang terjadi pada suatu masa dan mengakibatkan peristiwa lainnya.

Peristiwa dalam cakupan sejarah berarti segala sesuatu yang telah berlangsung pada masa lalu dan menimbulkan akibat pada kehidupan manusia pada waktu itu dan pada masa setelahnya. Artinya, segala sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dapat berpengaruh atau mempengaruhi kehidupan manusia dan lingkungan yang akan datang.

Pengertian Sejarah Sebagai Peristiwa

R. Moh. Ali dalam Ismaun menyatakan bahwa  sejarah sebagai peristiwa adalah kejadian, kenyataan, aktualitas, sejarah in concreto, yang sebenarnya telah terjadi atau berlangsung pada waktu atau masa yang lampau. Sejarah sebagai peristiwa, berarti suatu kejadian di masa lampau, sesuatu yang sudah terjadi, dan sekali jadi (einmalig), tidak bisa diulang.

Sejarah sebagai peristiwa adalah suatu kenyataan yang objektif, artinya kenyataan yang benar-benar ada dan terjadi dalam kehidupan masyarakat manusia. Kenyataan ini ada dan dapat dilihat dari fakta-fakta sejarahnya.

Peristiwa sejarah terjadi dalam ruang lingkup yang beragam. Mulai dari ruang lingkup yang lebih kecil sampai kepada ruang lingkup yang lebih besar. Ruang lingkup secara administratif pemerintahan bisa mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten atau kota, provinsi, negara, dan dunia. Sebuah peristiwa sejarah bisa saja terjadi hanya di negara tertentu saja, misalnya bagaimana perubahan pada masyarakat di Inggris dengan adanya Revolusi Industri, apakah mereka tetap menjadi buruh atau pekerjaan lainnya.


Contoh-Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sejarah sebagai peristiwa merupakan suatu kejadian masa silam yang kemudian memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia di masa depan. Artinya, sebuah peristiwa dapat dianggap sejarah karena memberikan dampak atau pengaruh terhadap kehidupan yang akan datang.

Dari penjelasan tersebut terdapat beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa yang akan kami sampaikan pada artikel ini. Berikut ini adalah beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa:

1. Penemuan Sepeda Ontel

Peristiwa ketika kendaraan sepeda baru saja ditemukan mungkin tidak langsung dirasakan pengaruhnya oleh masyarakat luas. Namun, setelah beberapa tahun ke depan, lambat tetapi pasti, pengaruh terhadap penemuan sepeda ternyata dapat berpengaruh terhadap gaya hidup manusia. Yang tadinya pergi ke suatu tempat dengan cara berjalan kaki, kini pergi ke mana pun menggunakan sepeda.

Begitu pula peristiwa ketika mobil atau sepeda motor ditemukan dan baru saja berhasil diciptakan. Peristiwa tersebut juga memberikan pengaruh terhadap gaya hidup manusia. Bahkan sampai saat ini mobil dan sepeda motor menjadi sebuah kendaraan yang sangat favorit di kalangan baik muda maupun dewasa. Maka dari itu, karena penemuan ketiga kendaraan tersebut memberikan pengaruh terhadap masa depan, maka peristiwa tersebut dapat dijadikan contoh sejarah sebagai ilmu.

2.  Adanya Pertentangan atau Konflik

Contoh sejarah sebagai peristiwa yang selanjutnya adalah peristiwa terjadinya konflik atau pertentangan. Misalnya, pertentangan atau konflik yang terjadi pada peristiwa menjelang proklamasi. Pada saat menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat terjadi pertentangan antara generasi tua dan generasi muda.

Pertentangan itu terjadi karena perbedaan pendapat antara golongan muda dan tua mengenai waktu yang tepat untuk mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Nah, dari peristiwa pertentangan tersebut ternyata melahirkan peristiwa baru yang disebut dengan peristiwa Rengasdengklok. Jadi peristiwa pertentangan antar kedua golongan tersebut ternyata mempengaruhi tindakan mereka.

3. Peristiwa Ekonomi 

Contohnya adalah Perdagangan dan Pelayaran di Selat Malaka. Pada mulanya perdagangan rempah-rempah di Nusantara terutama pulau Jawa hanya menjangkau daerah lokal. Artinya perdagangan pada masa itu belum menjangkau seluruh dunia.

Sejak adanya pelabuhan Selat Malaka, ternyata perdagangan rempah-rempah di Nusantara menjadi maju pesat. Karena pada saat itu Pelabuhan Selat Malaka merupakan tempat persinggahan atau  atau merapatnya kapal-kapal dari segala penjuru dunia. Malaka merupakan tempat pertemuan pedagang-pedagang dari Arab, Persia, Gujarat, Indonesia, dan Cina.

Baca Juga: 

Itulah penjelasan mengenai pengertian sejarah sebagai peristiwa dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan dapat menambah pengetahuan anda. Banyak salah dalam penulisan saya mohon maaf, jika Anda berkenan silahkan memberi tahu kami melalui kolom komentar.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah