-->

[ADS] Top Ads

8 Contoh Sejarah Sebagai Seni dan Penjelasannya

8 contoh sejarah sebagai seni
Penjelasan Contoh Sejarah Sebagai Seni

Sejarah sebagai seni adalah sejarah yang dikemas, disajikan dan dipandang sebagai keindahan untuk menceritakan informasi masa lampau. Dalam menyampaikan informasi tentang sejarah dibutuhkan rasa, imajinatif, komunikatif dan keindahan agar sang pembaca menjadi tertarik. Untuk itu, mempelajari pengertian sejarah sebagai seni saja tidak akan sempurna tanpa mengetahui contoh-contoh sejarah sebagai seni.

Berikut ini adalah contoh-contoh sejarah sebagai seni, di antaranya adalah:

  • Seni Pahat
  • Seni Patung
  • Seni Arsitektur
  • dan Seni Tari Tradisional.


Contoh-Contoh Sejarah Sebagai Seni

Contoh saja tanpa adanya penjelasan saya rasa masih sulit untuk dimengerti. Oleh karena itu kami akan mencoba menjelaskan contoh-contoh sejarah sebagai seni. Tidak hanya contoh di atas, akan tetapi kami akan menambah jumlah contoh-contoh lain, semampu kami.

“Sejarah dikatakan sebagai seni, karena dalam penulisan sejarah, seorang sejarawan memerlukan intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa yang komunikatif.

Berikut ini 8 contoh sejarah sebagai seni:

1. Seni Lukisan

Lukisan merupakan salah satu seni yang sangat populer di seluruh dunia. Dalam pembuatan lukisan, tergantung pada si pembuat lukisan tersebut. Lukisan yang dibuat oleh seorang profesional tentu mengandung seni yang terdapat unsur-unsur intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa yang komunikatif.

Lalu apa hubungannya dengan sejarah sebagai seni? Ingat bahwa sejarah dikatakan sebagai seni karena terdapat unsur-unsur seni. Apalagi jika lukisan tersebut sengaja dibuat untuk menggambarkan seseorang atau kelompok masyarakat tertentu.
contoh sejarah sebagai seni
Contoh sejarah sebagai seni berbentuk lukisan

Jika kalian pernah belajar peninggalan manusia purba, tentu akan menjumpai gambar-gambar di goa-goa yang dibuat oleh manusia purba. Gambar tersebut merupakan sejarah mereka yang diungkapkan melalui seni lukisan atau gambar. Jadi, gambar atau lukisan tersebut dapat dijadikan salah satu contoh sejarah sebagai seni.

2. Pahatan

Yang dimaksud di sini adalah pahatan pahatan yang bernilai seni dan salah satu contoh pahatan yang bernilai seni adalah relief. Lukisan dan relief hampir sama, yang membedakannya adalah jika relief gambar dalam bentuk 3 dimensi, sedangkan lukisan adalah gambar 2 dimensi.

Relief yang mengandung seni biasanya terdapat pada bangunan candi. Relief tersebut biasanya menggambarkan sejarah kehidupan masyarakat masa lampau, sehingga terdapat unsur sejarah yang melekat pada relief candi. Jadi seni pahat yang berbentuk relief dapat dijadikan contoh sejarah sebagai seni. Karena relief biasanya menceritakan sejarah kehidupan masyarakat masa lampau yang disajikan dalam bentuk seni gambar tiga dimensi.

3. Arsitektur

Arsitektur bangunan pasti mengandung seni. Arsitektur bangunan dapat menggambarkan kehidupan suatu masyarakat, apakah arsitek tersebut terasa megah, mewah, atau sederhana. Bahkan arsitektur bangunan juga dapat menggambarkan keangkuhan.

Salah satu contoh sejarah sebagai seni adalah arsitektur bangunan baik bangunan seperti candi, keraton, benteng, dan rumah adat. Salah satu arsitektur lainnya adalah bangunan sebagai simbol keagamaan seperti masjid, wihara, atau kuil. Dalam arsitektur gaya yang disampaikan candi borobudur misalnya, terdapat sejarah yang sangat luar biasa yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.

4. Pakaian Adat

Pakaian adat adalah salah satu simbol dari suatu masyarakat atau suku-suku. Pakaian adat yang telah dibuat pada masa silam tentu memiliki nilai sejarah juga memiliki nilai seni. Pakaian adat juga menjadi salah satu ciri khas suatu kelompok masyarakat. Cara pembuatannya juga tidak mungkin sembarangan yang penting jadi. Oleh sebab itu, pakaian adat terutama masyarakat Indonesia memiliki sejarah yang bernilai seni.

5. Tarian Tradisional

Tarian tradisional atau tarian adat juga salah satu contoh sejarah sebagai seni. Tarian merupakan sebuah seni yang mengedepankan gerakan-gerakan tertentu. Gerakannya pun tidak asal gerak, tetapi setiap gerak memiliki makna.

Memahami koreografi dan makna yang terkandung dalam setiap gerakan tari tradisional tidak bisa hanya mengandalkan sisi ilmiah semata. Dibutuhkan intuisi, imajinasi, dan emosi yang matang bagi mereka yang ingin memahami tari tradisional ini secara utuh sebagai bukti peradaban manusia.

6. Seni Patung

Tujuan patung dibuat tergantung pada si pembuat patung tersebut, apakah hanya sekedar untuk hiasan atau untuk mencari uang. Tetapi yang perlu ditekankan adalah setiap patung memiliki unsur seni, walaupun tidak semua patung memiliki nilai seni yang tinggi. Namun hal tersebut akan berbeda ketika membicarakan patung Sphinx.
contoh sejarah sebagai seni
Sphinx adalah contoh sejarah sebagai seni

Patung sphinx adalah patung yang biasanya dibuat untuk menggambarkan seorang raja atau tokoh dalam bentuk singa perkasa. Bentuk singa tersebut menggambarkan seseorang atau sebuah negara yang kuat dan perkasa seperti singa. Oleh karena itu, patung sphinx tergolong patung yang memiliki unsur sejarah yang menggambarkan seseorang. Jadi, patung sphix dapat dijadikan salah satu contoh sejarah sebagai seni karena, patung tersebut menggambarkan keperkasaan seseorang atau masyarakat dalam bentuk patung singa.

7. Wayang Kulit

Wayang kulit awalnya merupakan sebuah media untuk menceritakan sebuah legenda yang dipercaya oleh sebagian orang. Akan tetapi yang perlu ditekankan pada contoh sejarah sebagai seni di sini adalah nilai sejarah yang mengandung unsur seni. Wayang kulit sudah ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu sudah ada. Di seluruh dunia juga mengenalnya. Di dalam alur ceritanya mengandung ajaran-ajaran kebaikan. Oleh sebab itu, wayang kulit juga termasuk contoh sejarah sebagai seni.

8. Novel Sejarah

Novel merupakan tulisan-tulisan yang mengutamakan seni keindahan bahasa. Namun, terdapat novel yang diangkat dari kisah nyata. Kisah nyata tersebut diambil dari seorang tokoh dalam suatu masyarakat. Walaupun sebuah novel sejarah lebih mengedepankan keindahan bahasa, tetapi harus sesuai dengan kisah nyata yang sesungguhnya tanpa harus mengorbankan fakta yang terjadi di lapangan.

Oleh sebab itu, novel yang diambil dari sejarah merupakan contoh dari sejarah sebagai seni. Alasannya, sejarah yang diceritakan oleh penulis tersebut benar-benar terjadi dan berdasarkan oleh fakta. Cerita atau peristiwa nyata dikemas dalam bentuk tulisan dalam sebuah novel yang menekankan keindahan bahasa.

Artikel BerkaitanPenjelasan LENGKAP Sejarah Sebagai Ilmu

Itulah 8 contoh sejarah sebagai seni yang sudah kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam pelajaran sejarah. Terdapat kesalahan dalam tulisan ini, mohon untuk para pembaca memberi tahu melalui kolom komentar.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah