-->

[ADS] Top Ads

Biografi Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Pengusaha Sukses Indonesia

Biografi Susi Pudjiastuti
Biografi Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan

Dr. (HC) Susi Pudjiastuti adalah seorang wanita tangguh yang lahir pada 15 Januari 1965, di Pangandaran. Menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan sejak 27 Oktober 2014 dari kabinet kerja 2014-2019 pada masa Presiden Joko Widodo. Semenjak menjadi Menteri, Ibu Susi tenar dengan kata “Tenggelamkan”.

Selain menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, ternyata Susi Pudjiastuti juga seorang pengusaha sukses. Ia adalah pemilik sekaligus Presedir PT ASI Pudjiastuti Avianto atau Penerbangan  Susi Air dari Jawa Barat. Memang saat ini Ibu Susi menjadi orang yang Top dan termasuk pengusaha yang sukses. Tetapi, proses menuju puncak tetap penuh dengan perjuangan.

Penasaran seperti apa sosok Pudjiastuti? Selengkapnya dalam biografi Susi Pudjiastuti yang akan kita sama-sama simak di bawah ini.

Nama : Dr HC Susi Pudjiastuti
Tempat Lahir : Pangandaran, Jawa Barat
Tanggal Lahir : 15 Januari 1965
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Pekerjaan : Menteri Kelautan (dari 2014) dan Pengusaha
Anak : Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, dan Alvy Xaiver

Keluarga Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti, lahir dari pasangan Bapak Haji Ahmad Karlan dan Ibu Hajjah Suwuh, pada 15 Januari 1965 di Pangandaran, Jawa Barat. Keluarga Susi memiliki bisnis peterternakan. Produksi peternakan mencapai ratusan ternak dan di jual ke Jawa Barat  dari Jawa Tengah (Jual Beli Ternak Lintas Provinsi). Dan yang tidak kalah menarik, ternyata kakek buyut Susi bernama Haji Ireng dikenal sebagai tuan tanah di daerahnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan ini selama hidupnya menikah sebanyak tiga kali. Itulah kehidupan, dari awal sudah berkomitmen untuk sehidup semati, namun takdir berkehendak lain. Suami pertama bernama Yoyok Yudi Suharyo (sudah bercerai). Suami ke-2 bernama Daniel Kaiser juga sudah bercerai. Yang terakhir bernama Christian Von Strombeck.

Dianugrahi tiga orang anak yang bernama Nadine Kaiser hasil pernikahan dengan Daniel Kaiser, Alvy Xavier, dan Panji Hilmansyah hasil pernikahan dengan Yoyok Yudi Suharyo.

Pendidikan Susi Pudjiastuti

Tidak banyak informasi mengenai riwayat pendidikan Susi Pudjiastuti. Namun tetap menarik untuk dibahas. Karena Ibu Susi Pudjiastuti diangkat menjadi menteri dengan berijazahkan SMP saja. Tidak lulus SMA dan diangkat menjadi menteri tentu memiliki alasan lain. Terbukti dan sudah menjadi nyata, bahwa kinerja Susi Pudjiastuti sebagai menteri sangat baik.

Setelah lulus dari SMP, sosok wanita yang tangguh ini melanjutkan pendidikanya di SMA Negeri 1 Yogyakarta, namun berhenti sekolah saat kelas 2, karena aktif dalam gerakan golput sehingga ia dikeluarkan.

Bisnis Susi Pudjiastuti

Tidak seperti pemuda yang bermental tempe goreng, setelah putus sekolah lantas berdiam diri atau bahkan malah hura-hura menghabiskan duit orang tuanya. Setelah berhenti belajar di Lembaga Formal, Susi Pudjiastuti mengumpulkan modal dan menjual perhiasan untuk memulai bisnisnya.

Uang sejumlah Rp.750.000 telah ia dapatkan dan dipergunakan untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada 1983. Bisnis yang berkembang dengan pesat, hingga pada tahun 1996 ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product. Sebuah PT pengolahan dan eksportir ikan dengan produk unggulan berupa lopster dan diberi merek Susi Brand.

Alhamdulillah, bisnis pengolahan ikan tersebut meluas dengan pemasaran hingga ke Asia dan Amerika. Hasil laut yang harus dikirim dengan cepat agar masih segar ketika sampai tujuan, membuat Susi Pudjiastuti membutuhkan transportasi udara.

Pada tahun 2004, Susi meminjam uang kepada Bank sejumlah 20 Miliar rupiah untuk membeli Cessna Caravan, sebuah pesawat yang dipasang mesin turboprop tunggal. Pesawat yang ia miliki digunakan untuk mengangkut ikan segar dan lopster tangkapan nelayan di berbagai pantai Indonesia ke pasar Jakarta dan Jepang.

Mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air juga ia lakukan. Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Diangkat Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

Kabinet kerja 2014, Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, masa Kabinet Kerja Joko Wododo dan Jusuf Kalla. Pelantikan sebagai menteri secara resmi pada 26 Oktober 2014.

Yang saya salut dan pokoknya mantap jiwa broo, pada bagian ini ni....

Sebelum dilantik menjadi menteri Kelautan dan Perikanan, Susi melepas semua posisinya termasuk di perusahaan penerbangan Susi Air dan di PT ASI Pudjiastuti. Hal ini bertujuan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pimpinan bisnis. Selain itu, alasan Bu Susi melepaskan jabatan di perusahaan adalah agar dapat bekerja secara maksimal dalam menjalankan  tugasnya sebagai menteri.

Ada yang sangar juga broo...

Saat pelantikan, Susi Pudjiastuti menuai kontroversi karena menghisap sebatang rokok dan memiliki tato. Hal ini sesuatu yang tidak lazim ketika dilakukan dan dimiliki oleh menteri Indonesia. Tindakan tersebut malah mendapat pujian, tetapi juga mendapat kritikan.

Tetapi itulah Susi Pudjiastuti, sosok yang apa adanya, tetapi dari segi kinerja beliau sudah tidak diragukan lagi.

Pernah menjadi viral karena ketika bertugas menggelamkan kapal ilegal negara tetangga yang mengambil hasil kekayaan laut Indonesia, ia berkata "tenggelamkan", saat itu juga kapal yang dihancurkan meledak porak poranda.

Penghargaan Yang Diterima

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan telah mendapatkan beragam penghargaan. Penghargaan yang telah ia capai adalah sebagai berikut:
  1. Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat (2004),
  2. Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia (2005),
  3. Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia (2006),
  4. Metro TV Award for Economics-2006,
  5. Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia,
  6. Berprestasi Award dari PT Exelcomindo (2007),
  7. Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (2009),
  8. Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB (2011),
  9. Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC (2011),
  10. Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat (2008),
  11. Kanjeng Ratu Ayu (KRAY) Susi Pudjiastutiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat (2015),
  12. Leaders for a Living Planet Award dari WWF, 16 September 2016, sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan
  13. sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan. (2016),
  14. Doktor Honoris Causa oleh Universitas Diponegoro pada 3 Desember 2016. (2016),
  15. Seafood Champion Award dalam acara Seaweb Seafood Summit yang diselenggarakan di Seattle, Washington, Amerika Serikat 5 Juni 2017. (2017).

Itulah biografi Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan kebinet kerja 2014. Semoga bermanfaat dan kita dapat mengambil pelajaran dari biografi dan kisahnya.


Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah