-->

[ADS] Top Ads

9 Profil Pengusaha Sukses Asal Indonesia

Profil Pengusaha Sukses Indonesia
Meneladani dan mencontoh pengusaha sukses dalam berwirausaha adalah suatu hal yang penting. Oleh karena itu informasi mengenai 9 profil pengusaha sukses asal Indonesia akan kami sajikan pada kesempatan kali ini.

Sukses merupakan sebuah kata yang sulit untuk didefinisikan. Apakah orang kaya itu sukses? Jawabanya belum tentu. Karena banyak orang kaya yang hidupnya juga belum merasa puas dengan apa yang ia dapatkan. Bahkan sebagian orang yang kita anggap kaya malah merasa hidupnya tidak bahagia. Inilah kenyataannya, bahwa banyak uang dan kaya raya belum tentu sukses. Lalu apa sebenarnya sukses itu?, jawabannya saya tidak tahu. hahaha...

Lalu mengapa pada saat ini banyak beredar profil pengusaha sukses?, karena pengusaha sukses diukur dari sesuatu yang ia capai dan banyak orang yang belum bisa menyamai pencapaian itu. Dan yang perlu di ingat bahwa untuk menjadi orang yang berhasil dibidang bisnis atau karir, tidak lah mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa digapai.

Menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil mencapai keinginan merupakan impian setiap orang. Oleh sebab itu, pada saat ini, di dalam tulisan ini akan kami bagikan informasi mengenai beberapa profil pengusaha sukses. Orang-orang yang sukses itu adalah Bob Sadino, Chairul Tanjung, Hary Tanoesoedibjo, Sandiaga Uno,  Yasa Singgih, Theresia Deka Putri, Hamzah Izzulhaq, Yoris Sebastian, dan Susi Pudjiastuti.

1. Bob Sadino

Bob Sadino
Bob Sadino
Bambang Mustari Sadino adalah sosok pengusaha sukses asal Indonesia yang akrab dengan panggilan Bob Sadino atau Om Bob. Pengusaha sukses ini lahir di Bandar Lampung, 9 Maret 1933 dan wafat di Jakarta pada 19 Januari 2015. Beliau lahir dari pasangan Sadino dan Itinah Soeputra. Menikah dengan Soelami Soejoed dan memiliki dua anak, yaitu Shanti Dwi Ratih dan Mira Andiani.

Bob Sadino adalah sosok yang memiliki ciri khas yaitu, sering mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Ia juga memiliki pemikiran yang unik, dalam wawancara di stasiun TVOne Bob Sadino mengatakan “mau jualan telor kok belajar bisnis” lalu ia menunjuk kepalanya beberapa kali, mengisyaratkan bahwa ia berkata “mikir-mikir”.

Om Bob merupakan pengusaha yang memiliki supermarket (pasar swalayan) dengan nama Kem Chicks dan berkembang pesat menjadi agrobisnis. Berawal dari telor ayam yang berasal dari luar negeri ia mendapatkan inspirasi. Katanya “kok telor yang ada di Indonesia beda dengan telor yang ada di luar negeri ya”. Dari situ lah Bob Sadino memulai berternak ayam dan menjual telurnya.

Beberapa pemikiran Bob Sadino yang cukup ekstrim dalam bidang wirausaha:
Orang goblok itu nggak banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.
Setinggi apa pun pangkat yang dimiliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apa pun usaha yang anda punya, Anda adalah bosnya.
Artikel TerkaitBiogafi Bob Sadino Pengusaha Sukses Dari Jualan Telur Ayam

2. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung
Dalam majalah Forbes Chairul Tanjung adalah seorang konglomerat Indonesia dan berada di posisi 937 dari 1000 orang terkaya di dunia. Total kekayaan senilai 1 Miliar Dolar Amerika Serikat. Ia lahir di Jakarta, Sabtu 16 Juni 1962 . Menikah dengan seorang wanita bernama Anita Ratnasari Tanjung dan memiliki anak Rahmat Dwiputra, Putri Indahsari, dan Rahmat Dwi Putra.

Chairul Tanjung memulai bisnisnya sejak kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Berawal dari berjualan buku kuliah, kaos, dan foto kopi di kampus. Setelah selesai kuliah pada tahun 1987 ia baru benar-benar masuk dunia bisnis yang luar biasa. Pada awalnya ia berbisnis dengan mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan labolatorium, namun tidak berhasil dan bangkrut.

Pada tahun 1987 ia kembali berbisnis mendirikan sebuah PT Pariarti Shindutama. Alhamdulillah keberunungan dipihaknya. PT tersebut mendapatkan pesanan dari Negara Italia sebanyak 160 ribu pasang sepatu. Namun, karena perbedaan visi tentang eskpetasi usaha, akhirnya ia memutuskan untuk pisah dan mendirikan usaha sendiri.

Kepiwaian dalam berbisnis Chairul Tanjung berhasil mendirikan beberapa perusahaan di bidang properti, keuangan dan multimedia. Di bidang keuangan ia mengambil alih Bank Karma yang kini bernama Bank Mega. Ia memberikan nama perusahaan tersebut dengan Para Group.

SelengkapnyaBiografi Chairul Tanjung Pengusaha Sukses Si Anak Singkong

3. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo
Dalam situs merdeka.com, Hary Tanoesoedibjo adalah seorang pengusaha dari Indonesia. Saat ini Hary memegang beberapa jabatan strategis di beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia. Selain itu, ia juga memagang berbagai posisi di perusahaan-perusahaan lainnya di bawah bendera Global mediacom dan Bhakti Investama.

Hary Tanoesoedibjo sering dipanggil dengan nama Hary Yanoe. Lahir di Surabaya 26 September 1965. Memiliki istri yang bermana Liana Tahaja Tanoesoedibjo dan melahirkan anak bernama Angela Herliani Tanoesoedibjo, Velencia Herliani Tanoesoedibjo, Jessica Herliani Tanoesoedibjo, Clarissa Herliani Tanoeseodibjo, dan Werren Haryputra Tanoesoedibjo.

Informasi Terkait: Biografi Hary Tanuesoedibjo Pengusaha Sukses Bos MNC Goup

Pada tahun 2011, Majalah Forbes memberikan informasi bahwa Hary Tanoe adalah pengusaha terkaya di Indonesia dan menduduki peringkat ke-22 dengan total kekayaan sebesar 1,19 Dolar Amerika Serikat. Saat ini Hary juga menjadi jajaran direksi beberapa perusahaan seperti, MNC Group, Bhakti Panjiwira, HT Investment Development Ltd, dan Cipta Lamtoro Gung Persada.

4. Sandiaga Uno

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno
Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha sukses yang merintis bisnisnya dari nol. Lahir dari keluarga yang kurang mampu tidak membuat dirinya patah semangat. Jatuh bangun dalam meniti karir bisnisnya telah dialaminya. Selain di bidang wirausah Sandiaga Uno juga terjun di bidang politik dan saat ini (tahun 2018) ia mencalonkan dirinya untuk menjadi wakil presiden pada pemilihan tahun depan.

Menjadi karyawan dalam beberapa perusahaan pernah ia lakoni, namun karena krisis moneter pada tahun 1997 mengakibatkan ia di PHK. Pengalaman yang telah ia dapatkan pada saat menjadi karyawan perusahaan di luar negeri ternyata sebuah harta yang berharga baginya. Mindset yang tadinya menjadi karyawan telah berubah menjadi seorang pengusaha.

PT Recapital Advisors yang bergerak di bidang jasa konsultan keuangan ia bangun pada tahun 1997 bersama teman SMA nya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani. Mental Sandiaga Uno yang baru merintis bisnis diuji. Banyak calon klien memandang sebelah mata kemampuan Sandi. Hingga 6 bulan kemudian setelah perusahaan itu berdiri ada sebuah perusahaan yang menggunakan jasanya. Pada akhirnya Sandiaga Uno berhasil dan sukses yang bermula pada perusahaan tersebut.

Pada tahun 2013 majalah Forbes menyatakan bahwa Sandiaga Uno terdaftar dalam 40 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan 400 juta Dolar Amerika Serikat.

5. Yasa Singgih

Yasa Singgih
Yasa Singgih
Yasa Singgih merupakan seorang pengusaha yang sukses pada usia mudanya. Majalah Forbes mencatat bahwa ia termasuk anak muda di bawah usia 30 tahun yang memberi perubahan di dunia retail dan e-commere. Namun dalam pencapaian kesuksesan di bidang usaha tersebut, lagi-lagi mental seorang pengusaha diuji. Ia juga pernah mengalami jatuh bangun untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Mengawali karirnya, Yasa Singgih mencoba untuk menjadi seorang MC (Master of Ceremony) di berbagai acara seperti acara ulang tahun. Ketika SMA, ia mencoba berbisnis lampu hias yang dijalaninya selama 6 bulan. Setelah melakoni itu semua ia semakin nekat untuk terjun ke dunia bisnis. Ia mencoba untuk menjual kaos dengan memesan pada temannya yang memiliki usaha konveksi.

Akan tetapi Yasa pada waktu itu belum memiliki desain kaos. Karena mungkin saking kepepetnya ia nekat membuat desain kaos dengan aplikasi Microsoft Word. Pada titik inilah ia kembali diuji, kaos yang ia jual dari 24 kaos hanya terjual 2 buah saja, itu pun salah satunya yang membeli ibunya sendiri.

Lulus SMA, Yasa kembali mencoba untuk berbisnis menjual aneka produk pria yang sebelumnya ia pernah membuka kedai yang bernama “Ini Teh Kopi”. Sempat berkembang pesat kedai yang ia kelola, namun lagi-lagi usaha itu bangkrut dan kerugian mencapai kisaran seratus juta rupiah.

Men’s Republik adalah nama brand dari usahanya yang baru. Menjual berbagai kebutuhan pria. Dengan rencana dan strategi yang matang akhirnya ia berhasil menjual sepatu hingga 500 pasang perbulannya dengan omset mencapai ratusan juta.

Artikel Terkait: Biografi Yasa Singgih Pengusaha Sukses Di Usia Muda

6. Theresia Deka Putri

Theresia Deka Putri
Theresia Deka Putri
Menjadi yatim piatu tidak menghalangi niatnya untuk menjadi pengusaha yang sukses. Awalnya Theresia Deka Putri telah berbisnis dengan beberapa produk seperti menjual sepatu, pakaian, dan produk fasion lain. Namun, target pemasaran hanya sebatas temannya saja.

Pada tahun 2000, Theresia mencoba peruntungan untuk terjun di bidang kuliner kopi. Dalam perjalanannya ternyata ia mendapatkan kepercayaan dari sebuah perusahaan untuk memimpin sebuah tim. Ia juga pernah berkeliling di sekitar Jawa Timur untuk memasarkan produk perusahaan tempat ia bekerja.

Saat ini wanita kelahiran Gresik Jawa Timur dikenal sebagai seorang pengusaha di bidang kopi sekaligus sebagai pengusaha muda yang sukses. Ia telah berhasil mendapatkan omset sebesar 1 Miliar rupiah. Melalui CV. Karya Semesta ia mulai terlihat berkembang pesat. Produk yang ia keluarkan bersama dengan perusahaan itu sebanyak 3 jenis kopi, yaitu Kopi Luwak Lanang, Kopi Lanang Landep, dan Kopi Gajah Hitam.

7.Hamzah Izzulhaq

Hamzah Izzulhaq
Hamzah Izzulhaq
Hamzah Izzulhaq adalah seorang pengusaha muda sukses yang lahir di Jakarta pada 26 April 1993. Mencoba berbisnis dengan berdagang menjual pulsa dan buku. Hasil yang ia dapatkan telah ia tabung hingga mencapai 950 ribu rupiah. Dengan bermodalkan uang tersebut ia mencoba untuk membuka sebuah konter yang dikelola oleh temannya. Namun usaha itu tidak berjalan dengan lancar. Omset yang ia dapatkan sering kali dipakai oleh temannya tanpa sepengetahuannya.

Tidak kapok dan tidak putus asa, Hamzah kembali melakoni bisnis di bidang kuliner dengan menjual berbagai snack/jajanan. Ia cukup berhasil untuk seorang pengusaha pemula. Keuntungan sebanyak 5 juta rupiah ia dapatkan. Waktu yang telah berjalan membawanya pada seorang mitra bisnis yang menjual Franchise Bimbel seharga 175 juta. Ia tidak punya uang sebanyak itu dan akhirnya meminjam uang kepada ayahnya.

Nekat membeli produk tersebut dengan bermodalkan 70 juta yang ia pinjam dari ayahnya dan sisa atau kekurangannya sebanyak 100 juta ia bayar dengan mengasur. Berjalannya waktu Hamzah telah mengantongi 3 lesensi franchise, dan mendapatkan siswa lebih dari 200 orang. Omset yang ia dapatkan 360 juta per semester dengan untung bersih 180 juta rupiah.

8. Yoris Sebastian

Yoris Sebastian
Yoris Sebastian
Yoris Sebastian adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang industri kreatif. Lahir di Ujung Pandang pada 5 Agustus 1972. Pada usia 26 tahun ia terpilih sebagai GM (General Manager) Hard Rock Cafe Indonesia dan menjadi GM termuda se Asia dan GM termuda di dunia pada urutan ke2. Pada usia 34 tahun ia memisahkan diri dari Hard Rock Cafe Inonesia dan mendirikan sebuah perusahaan konsultan kreatif OMG (Oh My Goodness).

Pengusaha yang berzodiak Leo itu sukses dan mematahkan anggapan bahwa kesuksesan hanya di dapat ketika berusia matang. Ide kreatif yang ia canangkan sungguh luar biasa. Salah satu tantangan terbesarnya adalah ketika ia diharuskan untuk membantu sebuah mall. Padahal pusat perbelanjaan itu kalah jauh jika dibandingkan dengan saingannya. Namun ide kreatif Yoris telah membangun sebuah gebrakan yang membuat mall tersebut menjadi tempat favorit para pengusaha dan eksekutif pemuda Indonesia.

Mall tersebut telah ia percayakan kepada 12 orang pendesain dari masing-masing pendesain diberi tugas untuk mendesain satu ruangan.

9. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti
Wanita nyentrik yang lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965 ternyata selain menjabat sebagai Menteri Kelautan ia juga merupakan salah satu pengusaha yang sukses. Berijazah SMP tidak menyurutkan niatnya untuk mencapai sesuatu yang luar biasa. Terbukti, bahwa ia telah sukses mengembangkan beragam bisnis, dari bisnis perikanan, perkebunan, hingga maskapai penerbangan.

Berawal dari sebuah motor ia berkeliling menjual baju, bed cover, hingga hasil alam seperti cengkeh. Berkeliling di sekitar Pangandaran membuatnya memperoleh inspirasi, bahwa potensi terbesar kota Pangandaran adalah produk laut yaitu ikan.

Keinginan yang kuat telah memberikan dorongan untuk menjual ikan di berbagai daerah, hingga ke Jakarta sekalipun. Dengan menyewa mobil truk untuk mengangkut ikan dan diberi pendingin es batu ia antar ikan-ikan itu di berbagai daerah. Hingga pada akhirnya mobil truk yang memiliki mesin pendingin untuk mengangkut ikan dapat ia beli. Pada saatnya ia telah menjadi pengusaha yang sukses dan dikenal oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.

Selain melakoni usaha di bidang perikanan ia juga melebarkan sayap membangun beberapa usaha yaitu, pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat .

Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing. Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Jika para pembaca ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang Susi Pudjiastuti, kami rekomendasikan untuk membaca Biografi Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan dan Pengusaha Sukses Indonesia

Dengan mengetahui profil pengusaha yang sukses meniti karir di atas, semoga kita dapat mencontoh dan mengikuti jejaknya dalam dunia bisnis. Ingat, menjadi wirausahawan itu keren, dapat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Itulah 9 profil pengusaha sukses di Indonesia, semoga bermanfaat.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah