-->

[ADS] Top Ads

Pengertian Kronologi Sejarah, Contoh dan Tujuannya

Pengertian Kronologi Sejarah

Kronologi Sejarah

Apa yang dimaksud dengan kronologi sejarah? Secara umum, kronologi sejarah adalah urutan waktu suatu kejadian di masa lampau. Kronologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu cromos dan logos. Cromos artinya waktu dan logos artinya ilmu. Jadi, secara etimologi kronologi berarti ilmu tentang waktu.

Kronologi diperlukan dalam sejarah untuk menghindarkan anakronisme yaitu kerancuan waktu dalam sejarah. Oleh sebab itu, kronologi merupakan ilmu dasar yang sangat penting bagi ilmu sejarah karena urutan waktu dapat menggambarkan konsep sejarah secara sederhana.

Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan untuk menyederhanakan peristiwa berdasarkan waktu kejadian. Dengan adanya konsep kronologi peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di masa lampau dapat di rekonstruksi secara tepat.

Kronologi sejarah adalah kejadian-kejadian masa lampau yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Berbagai kronologi dalam sejarah juga memiliki ciri khasnya masing-masing seperti, kronologi lahirnya kerajaan, kronologi peperangan, atau kronologi terbentuknya sebuah negara tergantung peristiwa apa yang menjadi topik kronologi.

Dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering mendengar istilah kronologi yang biasanya digunakan untuk menceritakan suatu peristiwa. Contoh sederhana mengenai kronologi terjadinya kecelakaan yang akan kita bahas dalam artikel ini, sebagai contoh kronologi.

Kronologi sejarah masih berhubungan atau berkaitan dengan konsep periodisasi sejarah. Karena dalam penyusunan sejarah perlu adanya urutan waktu yang runtut serta gambaran dari penyebab suatu peristiwa.

Perbedaan periodisasi, kronologi, dan kronik
  • Periodisasi mengelompokkan peristiwa-peristiwa masa lalu dalam rentang waktu yang amat panjang dan dibagi-bagi menjadi beberapa zaman, fase, atau periode.
  • Kronologi mengurutkan kejadian-kejadian dalam peristiwa tertentu berdasarkan urutan waktu kejadian tanpa mengabaikan hubungan sebab akibat dalam peristiwa tersebut.
  • Kronik hanya mengurutkan kejadian-kejadian dalam peristiwa tertentu berdasarkan urutan waktu kejadian (tidak menggambarkan hubungan sebab akibat).

Peristiwa-peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan waktu kejadian tanpa memberi penjelasan tentang hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut kronik, sementara kronologi selain memberi keterangan urutan waktu kejadian juga memberikan keterangan sebab akibat.

Pengertian Kronologi dalam Sejarah

Kronologi dalam sejarah adalah kejadian-kejadian dalam suatu peristiwa sejarah yang disusun berdasarkan urutan waktu tanpa menghilangkan keterangan sebab akibat. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa, kronologi merupakan gambaran sebab akibat  dari suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

contoh kronologi pesawat jatuh

Gambar di atas merupakan contoh kronologi yang menggambarkan peristiwa jatunya Pesawat Swayasa yang dikendarai oleh Pilot Herudi Kartowisastro jatuh. Peristiwa tersebut di jelaskan secara berurutan berdasarkan waktu kejadian, dari keberangkatan hingga jatuh dan membentur empat rumah penduduk sekitar.

Kronologi di atas juga memberikan keterangan penyebab dari kejadian tersebut, yaitu mesin pesawat yang tiba-tiba mati sehingga sang pilot tidak bisa mengendalikan pesawat.

Kejadian-kejadian dalam peristiwa jatuhnya pesawat diceritakan secara runtut berdasarkan urutan waktu kejadian. Karena alasan inilah mengapa kronologi sangat penting dalam sejarah.

Menurut Hendrayana (2009:13), Kronologi sejarah berkaitan dengan periodisasi sejarah. Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya.

Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasi kemudian disusun secara runtut berdasarkan waktu kejadian berlangsung. Sehingga dapat diartikan bahwa masing-masing peristiwa tersebut disusun dari masa yang paling awal hingga masa yang paling akhir.

Contoh Kronologi Sejarah

Berikut ini beberapa contoh kronologi dalam sejarah:

1. Kronologi mundurnya Ir. Soeharto yang menjabat sebagai presiden Republik Indonesia.
  • 12 Mei Tragedi Trisakti, 4 Mahasiswa Trisakti terbunuh.
  • 13 Mei Kerusuhan Mei 1998 pecah di Jakarta. Kerusuhan juga terjadi di kota Solo. Soeharto yang sedang menghadiri pertemuan negara-negara berkembang G-15 di Kairo, Mesir, memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Sebelumnya, dalam pertemuan tatap muka dengan masyarakat Indonesia di Kairo, Soeharto menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Etnis Tionghoa mulai eksodus meninggalkan Indonesia.
  • 14 Mei Demonstrasi terus bertambah besar hampir di seluruh kotakota di Indonesia, demonstran mengepung dan menduduki gedung-gedung DPRD di daerah.
  • 18 Mei Ketua MPR yang juga ketua Partai Golkar, Harmoko, meminta Soeharto untuk turun dari jabatannya sebagai presiden.
  • 19 Mei Soeharto berbicara di TV, menyatakan dia tidak akan turun dari jabatannya, tetapi menjanjikan pemilu baru akan dilaksanakan secepatnya. Beberapa tokoh Muslim, termasuk Nurcholis Madjid dan Abdurrahman Wahid, bertemu dengan Soeharto.
  • 20 Mei Harmoko mengatakan Soeharto sebaiknya mengundurkan diri pada Jumat 22 Mei, atau DPR/MPR akan terpaksa memilih presiden baru. Sebelas menteri kabinet mengundurkan diri, termasuk Ginandjar Kartasasmita, milyuner kayu Bob Hasan, dan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin.
  • 21 Mei Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya pada pukul 9.00 WIB Wakil Presiden B.J. Habibie menjadi presiden baru Indonesia.

    2. Kronologi Kemerdekaan Indonesia
    • 5 Agustus 1945 : Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningrat ke Saigon menemui PM. Koiso membahas kemerdekaan RI pada tanggal 17 September 1945.
    • 6 Agustus 1945 : Hirosima dibom oleh Sekutu.
    • 7 Agustus 1945 : Jepang mengganti BPUPKI menjadi PPKI.
    • 9 Agustus 1945 : Nagasaki dibom oleh Sekutu, kemudian Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningrat ke Dalat, Vietnam
    • Selatan menemui Marsekal Terauchi, untuk menetapkan tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu sekitar 24 Agustus 1945, tanggal diajukan karena serangan bom dari Sekutu.
    • 10 Agustus 1945 : Permintaan damai dari Jepang ditolak Sekutu.
    • 14 Agustus 1945 : Ir. Soekarno, Muhammad Hatta, Radjiman Wediodiningrat kembali dari Dalat. 7. 15 Agustus 1945 : Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu, berita kekalahan yang disembunyikan itu tersiar melalui radio DOMEI. Golongan Muda yang mendengar pidato Hirohito dari radio DOMEI adalah Sutan Syahrir. Penyerahan Jepang dilakukan di atas kapal MISSOURI yang sedang berlabuh di Teluk Tokyo, 2 September 1945. Terjadinya Vacum of Power di Indonesia.
    • 16 Agustus 1945 : Terjadi peristiwa Rengasdengklok.
    • 17 Agustus 1945 : Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Penyebarluasan berita Proklamasi.
    Contoh kronologi sejarah yang lainnya ada di sini.

    Tujuan Kronologi Sejarah

    Kronologi adalah ilmu bantu sejarah yang bertujuan untuk;
    • memudahkan dalam memahami suatu peristiwa.
    • memudahkan dalam mengungkap suatu peristiwa.
    • membuat sistematis suatu peristiwa.
    • memberikan gambaran yang jelas tentang urutan terjadinya suatu peristiwa.
    • mempermudah untuk menarik hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa

    Kesimpulan
    Kronologi dalam sejarah adalah urutan waktu kejadian dalam suatu peristiwa di masa lampau dengan menyebutkan hubungan sebab akibat atas terjadinya peristiwa tersebut. Tujuan kronologi adalah untuk menghindari anakronisme yaitu, kerancuan urutan waktu dalam sejarah.

    Dengan memahami konsep kronologi, peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu dapat direkontruksi kembali secara tepat berdasarkan urutan waktu terjadinya.

    Penulis: KhoiruAddien
    Sumber:
    1. Hendrayana, Sejarah 1 : Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Jilid 1, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta;2009
    2. Tarunasena M, Sejarah 1: SMA/MA Kelas 10, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta; 2009
    3. http://pelajarananaksekolahan.blogspot.com/2017/09/konsep-kronologis-dalam-sejarah.html

    Copyright © 2020

    Wikuwik.com - Ilmu Sejarah