-->

[ADS] Top Ads

Pengertian Periodisasi Sejarah, Contoh dan Tujuan

Pengertian Periodisasi Sejarah

Periodisasi Sejarah

Sejarah manusia telah mengalami rentang waktu yang begitu panjang. Rentang waktu sejarah manusia diukur sejak manusia pertama kali ada di bumi hingga sekarang bahkan sampai masa yang akan datang. Karena rentang sejarah manusia sudah berjalan sangat lama, maka diadakan periodisasi sejarah.

Periodisasi sejarah disebut juga dengan pembabakan waktu dalam sejarah. Periodisasi juga dapat diartikan sebagai pembabakan waktu yang berurutan yang disesuaikan dengan waktu kejadian. Dalam periodisasi diadakan serialisasi rangkaian babakan menurut urutan zaman. Sejarah dibagi-bagi menjadi zaman-zaman dengan ciri-cirinya masing-masing.

Pengertian Periodisasi Sejarah

Periodisasi sejarah adalah proses pembabakan waktu dalam sejarah dengan pembagian atas beberapa babak, zaman atau periode berdasarkan urutan waktu suatu peristiwa. Peristiwa-peristiwa masa lampau yang begitu panjang dibagi-bagi dan dikelompokkan menurut sifat, unit, bentuk dan fase sehingga membentuk suatu kesatuan periode tertentu.

Periodisasi sendiri juga dapat diartikan sebagai pembabakan waktu yang dipergunakan untuk berbagai peristiwa. Periodisasi dalam sejarah adalah pembagian waktu dalam sejarah berdasarkan urutan peristiwa-peristiwa yang terjadi, sehingga rentang waktu sejarah yang sangat panjang dapat dikelompokkan menjadi beberapa fase atau zaman.

Sejarah telah berlangsung dalam rentang waktu yang sangat panjang dan rumit. Kita akan kesulitan bila mengumpulkan semua peristiwa sejarah dalam satu kurun saja. Agar terlihat rapi dan berurutan, maka bentangan waktu yang panjang  dibagi-bagi menjadi beberapa bagian yang masing-masing mewakili suatu rentang masa.

Periodisasi sejarah dilakukan biasanya dengan cara membagi dan memilah kejadian-kejadian sejarah dalam sebuah batasan waktu tertentu. Pada hakikatnya peristiwa-peristiwa sejarah saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Sehingga dalam periodisasi sejarah peristiwa-peristiwa sejarah tersebut harus dikelompokkan dan disusun berdasarkan urutan waktu kejadiannya.

Contoh Periodisasi Sejarah

Periodisasi sejarah dilakukan oleh setiap masyarakat, bangsa, dan negara di dunia. Namun, setiap bangsa mempunyai periodisasi yang berbeda, berdasarkan cara bangsa tersebut memandang rentang-waktu yang ada dalam sejarah mereka. Berikut ini periodisasi sejarah yang bisa dijadikan contoh.

Contoh periodisasi sejarah Indonesia berdasarkan periode politik
  1. Masa pangkal sejarah………………......... – 0
  2. Masa Kutai-Tarumanegara …………... 0 – 600
  3. Masa Sriwijaya-Medang-Singosari …. 600 – 1300
  4. Masa Majapahit …………………….. 1300 – 1500
  5. Masa Kerajaan Islam………………... 1500 – 1600
  6. Masa Aceh, Mataram, Makassar …….1600 – 1700
  7. Masa pemerintah asing ………………1700 – 1945
    • Zaman Kompeni (1800 – 1808),
    • Zaman Daendels (1808 – 1811),
    • Zaman British Government (1811 – 1816),
    • Zaman Nederlands – India (1816 – 1942),
    • Zaman Nippon (1942 – 1945),
  8. Masa Republik Indonesia …………… 1945 – sekarang

Periodisasi sejarah indonesia di atas oleh Prof. Dr. Soekanto yang disusun berdasarkan tata negara.

Contoh periodisasi sejarah dunia
Salah satu contoh periodisasi sejarah dunia adalah periodisasi berdasarkan zaman yang menceritakan sejarah Eropa. Inilah contoh periodisasi sejarah dunia;
  1. Zaman Kuno : 476 M.
  2. Zaman Pertengahan : 476 - 1453 M
  3. Zaman Baru : 1453 - 1789 M
  4. Zaman Terbaru : 1789 - …….. (sampai sekarang)

Selanjutnya ada perbaikan sehingga muncul periodisasi sejarah dunia sebagai berikut.
  1. Pre-history (Pra Sejarah)
  2. Proto History (Mula Sejarah)
  3. Ancient History (Sejarah Kuno)
  4. Middle Age (Zaman Pertengahan)
  5. The Early Modern Period (Permulaan Zaman Modern)
  6. The Nineteenth (Abad ke - 19)
  7. Two World War and The Inter World Period (Dua Perang dan Masa antara dua Perang Dunia)
  8. The Post War Period (Masa Sesudah Perang)

Contoh periodisasi sejarah zaman pra aksara berdasarkan ilmu geologi
  1. Zaman Arkeozoikum (berlangsung sejak 2500 juta tahun yang lalu)
  2. Zaman Palaeozoikum (berlangsung sejak 340 juta tahun yang lalu)
  3. Zaman Mesozoikum (berlangsung sejak 140 juta tahun yang lalu)
  4. Zaman Neozoikum ( berlangsung sejak 60 juta tahun yang lalu)

Zaman pra aksara adalah masa di mana manusia belum mengenal tulisan. Masa tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang begitu panjang, sehingga perlu di bagi menjadi beberapa zaman atau fase. Pembagian itulah yang disebut dengan periodisasi.

Contoh periodisasi sejarah Indonesia setelah mengenal tulisan.
  1. Zaman Kuno, yang membicarakan sejak kerajaan tertua sampai abad ke-14. Pada zaman ini, berkembang kebudayaan Indonesia yang dipengaruhi agama Hindu dan Buddha.
  2. Zaman Indonesia Baru, mulai abad ke-15 yang membicarakan masa berkembangnya budaya Islam sampai abad ke-18.
  3. Zaman Indonesia Modern, sejak masa pemerintahan Hindia Belanda (1800), pergerakan kemerdekaan Indonesia merdeka sampai sekarang atau masa kontenporer.

Contoh periodisasi sejarah berdasarkan ilmu arkeologi
Zaman Batu
  1. zaman batu tua
  2. zaman batu tengah
  3. zaman batu muda
Zaman logam
  1. zaman perunggu
  2. zaman tembaga
  3. zaman besi
Periodisasi sejarah berdasarkan ilmu arkeologi adalah pembagian waktu dalam sejarah berdasarkan alat-alat yang diciptakan pada masa manusia purba.

Tujuan Periodisasi Sejarah

Periodisasi dalam sejarah akan mempermudah kita dalam banyak hal terutama dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah secara berurutan. Penyusunan rangkaian peristiwa sejarah secara urut mempermudah orang melakukan verifikasi dan interpretasi (menafsirkan) sejarah.

Peristiwa yang ditulis dengan menampilkan periodisasi akan mempermudah untuk mengetahui ciri khas atau karakter kehidupan manusia pada masing-masing periode, sehingga kehidupan manusia mudah untuk dipahami. Dengan adanya periodisasi, akan diketahui perkembangan kehidupan manusia.

Adapun tujuan penyusunan periodisasi sejarah adalah sebagai berikut:

Memudahkan dalam mempelajari sejarah
Tujuan periodisasi sejarah yang pertama adalah untuk mempermudah dalam mempelajari dan  memahami sejarah. Sejarah yang sudah diurutkan berdasarkan waktu kejadian membuat sejarah akan terlihat rapi dan berurutan.

Melakukan Penyederhanaan
Tujuan yang kedua adalah untuk menyederhanakan peristiwa sejarah yang berlangsung sangat lama dan rumit.  Salah satu cara untuk menyederhanakan suatu peristiwa yang berjalan sangat lama, yaitu dengan mengurutkan kejadian-kejadian penting dalam peristiwa sejarah.

Memudahkan Klasifikasi Dalam Ilmu Sejarah
Klasifikasi sejarah adalah mengelompokkan peristiwa masa lampau yang amat panjang menjadi beberapa fase atau zaman. Dalam ilmu sejarah meletakkan dasar pembabakan waktu akan membuat sejarawan menjadi mudah dalam penelitian sejarah

Mengetahui Peristiwa Secara kronologis
Tujuan periodisasi selanjutnya adalah untuk mengetahui peristiwa secara kronologis. Menguraikan peristiwa sejarah secara kronologis akan memudahkan pemecahan suatu masalah. Para pakar sejarawan yang mempelajari peristiwa masa lalu yang berjalan begitu panjang suatu saat akan menemukan permasalahan yang begitu rumit, sehingga diperlukan kronologi suatu peristiwa.

Memudahkan Pengertian
Gambaran peristiwa-peristiwa masa lampau yang sedemikian banyak itu dikelompokkan dan disederhanakan menjadi beberapa zaman. Dengan adanya pengelompokan tersebut akan memudahkan pengertian dan tidak gagal fokus.

Untuk memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan
Penelitian sejarah harus dilakukan secara sistematis agar tujuannya dapat tercapai. Salah satu cara agar sejarah menjadi sistematis, diperlukan periodisasi sehingga dapat memenuhi syarat sebagai ilmu pengetahuan.

Tujuan periodisasi yang paling utama adalah untuk mengadakan tinjauan menyeluruh terhadap peristiwa-peristiwa dan saling hubungannya dengan berbagai aspek. Pelaksanaan periodisasi yang paling mudah ialah dengan pembabakan yang disusun berdasarkan urutan abad.

Akan tetapi, periodisasi sejarah berdasarkan urutan abad mempunyai kelemahan dan tidak mengungkapkan corak yang khas terhadap zaman-zaman yang ditinjau.

Copyright © 2020

Wikuwik.com - Ilmu Sejarah